Amankah Pil KB Khusus Pria, Ini Faktanya! – FAJAR health
News Update

Amankah Pil KB Khusus Pria, Ini Faktanya!

FAJAR HEALTH – Dalam satu dekade terakhir, permintaan akan pil KB khusus pria yang efektif, tidak permanen dan mudah ditinggalkan ketika tidak lagi dibutuhkan terus meningkat.

Sebuah studi pun datang dengan solusinya, yakni pil KB jenis suntik. Dalam studinya, yang melibatkan 320 pria ditemukan hasil yang menjanjikan.

“Dengan menyuntikan testosteron sintetis, tubuh akan menghentikan produksi (testosteron) alaminya,” kata Jamin Brahmbhatt, M.D., spesialis urologi dari Orlando Health seperti dilansir MensHealth.com (27/10/2016).

Sebagai hasilnya, maka jumlah sp*rma sang pria akan menurun secara drastis. Studi menunjukan bahwa tingkat kesuksesannya pun berhasil mencapai angka 96 persen. Dari studi yang berjalan selama 14 bulan itu hanya terjadi 4 kehamilan.

Sayangnya, penelitian ini mendapat kendala dari pihak luar yang berujung pada penghentian studi. Hal ini dikarenakan efek samping yang dihasilkan dari penggunaanya terhadap perubahan karakter.

17 persen dari 320 partisipan melaporkan adanya gangguan emosional, 5 persen lainnnya mengalami perubahan suasana hati, 4 persen mengalami depresi dan 2 persen menjadi kasar.

Adapun efek samping lainnya seperti berjerawat (46 persen), rasa sakit di area suntik (23 persen) dan peningkatan libido (38 persen).

Dr. Brahmbhatt mengatakan bahwa pihaknya masih membutuhkan waktu untuk penelitian lebih lanjut untuk menemukan formula yang tepat sekaligus menghindari terjadinya efek samping yang ada. Mungkin dalam waktu 5 hingga 10 tahun ke depan.

Selain penelitian ini, pil KB pria, seperti Vasalgel, mirip dengan vasektomi namun tidak permanen, akan tersedia di pasaran lebih dulu, meski kapan kepastiannya masih belum jelas.(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top