WARNING! Menyentuh Struk Belanjaan Berpotensi Sebabkan Kemandulan – FAJAR health
Warning

WARNING! Menyentuh Struk Belanjaan Berpotensi Sebabkan Kemandulan

Photo source: Prevention.com

FAJAR HEALTH – Apa yang anda lakukan ketika menerima receipt atau struk belanja dari kasir dimana anda berbelanja?

Kebanyakan dari kita pasti mengambilnya dan menyimpannya di kantung celana atau dompet tanpa berpikir panjang, padahal tidak seharusnya hal itu kita lakukan.

Menurut sebuah studi, BPA (zat kimia yang biasa digunakan dalam membuat plastik), yang juga digunakan pada kertas struk mesin kasir, dapat dengan mudah berpindah dari kertas ke dalam kulit hanya dalam hitungan detik.

Studi yang dirilis pada Journal of Analytical and Bioanalytical Chemistry, menemukan bahwa BPA dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan, khususnya pada pria.

Dampak negatif yang dimaksud, seperti dilansir virilityprotocol.com adalah seperti kemandulan, kerusakan sperma, ketidakseimbangan hormonal, menurunnya kadar testosteron, kegemukan, diabetes hingga gangguan jantung.

Tentunya ini adalah kabar buruk yang mengerikan, terlebih ketika laporan dari Environmental Working Group (EWG) menunjukan bahwa kandungan BPD pada kertas struk belanjaan ternyata berkali-kali lipat jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang ditemukan pada kaleng makanan.

Menariknya lagi, ketika tangan anda dalam keadaaan berminyak, baik dari keringat mau pun pelembab, penyerapan BPA pada kulit dapat terjadi 10 kali lebih cepat.

Lalu bagaimana kita menghindari hal ini?

Jika anda terpaksa harus menyentuh struk belanja, pastikan tangan anda dalam keadaan kering dan bersih. Gunakan sabun dan air untuk membersihkan tangan anda sesegera mungkin.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top