Alami Kelumpuhan Tidur, Kendall Jenner Shock! – FAJAR health
News Update

Alami Kelumpuhan Tidur, Kendall Jenner Shock!

Footage source: Keeping Up with the Kardhashians

FAJAR HEALTH – Model cantik Kendal Jenner menjadi sorotan acara televisi populer Keeping Up with the Kardashians minggu ini.

“Aku terbangun pada tengah malam dan saya tidak mampu menggerakan tubuh ini,” kata Kendall dalam cuplikan acara tersebut.

“Semua orang mengatakan aku baik-baik saja, namun aku sendiri gak merasa gitu,” sambungnya.

Banyak yang memperkirakan bahwa adik tiri Kim Kardashians itu mengalami apa yang disebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan tidur.

Menurut pakar tidur dan nurologis W. Christopher Winter, M.D.,  sleep paralysis adalah ketidakmampuan tubuh untuk bergerak dan berbicara sementara waktu.

Ketindihan, istilah populernya di Indonesia ini, menurut penulis buku The Sleep Solution: Why Your Sleep is Broken and How to Fix It (akan segera rilis) Ini sebenarnya lumrah terjadi pada setiap orang, namun sering tidak disadari.

Ketika tubuh tertidur, lanjut Winter, otak anda mengirimkan sinyal kepada tulang belakang anda untuk tidak bergerak.

Hal inilah yang menjelaskan mengapa ketika anda bermimpi melakukan banyak hal, namun tubuh anda berada dalam kondisi damai.

Namun terkadang, seseorang terbangun disaat efek dari REM paralysis ini masih berlangsung, hal inilah yang membuat kebanyakan orang ketakutan.

Orang-orang dulu bahkan menyangkutpautkan keadaan ini dengan keberadaan mahluk halus yang berdiri atau duduk menindih seseorang yang sedang tidur.

Untuk menghindari kondisi yang biasa disebabkan kelelahan dan stress ini, Winter menyarankan tidur yang cukup (8 jam) dan melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stress anda, jelas Winter seperti dilansir WomensHealthMag.com (2/11/2016).(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top