Say Goodbye pada Cantengan, Ini Tipsnya – FAJAR health
News Update

Say Goodbye pada Cantengan, Ini Tipsnya

Photo: Top10HomeRemedies.com

FAJAR HEALTH – Kuku ibu jari yang tumbuh ke dalam, juga dikenal dengan istilah onychocryptosis atau cantengan tentunya sangat menyebalkan dan mengakibatkan perasaan tidak nyaman.

Cantengan seringkali disebabkan oleh penggunaan sepatu yang terlalu sempit, kesalahan dalam memotong kuku, luka pada ibu jari atau bentuk kuku ibu jari yang tidak lazim.

Mereka yang menderita diabetes atau penyakit lain yang berhubungan dengan sirkulasi darah yang buruk, khususnya di sekitar kaki, memiliki resiko yang tinggi mengalami cantengan.

Gejala yang diakibatkan dari cantengan sendiri adalah seperti rasa sakit, kemerah-merahan dan pembengkakan. Jika dibiarkan, cantengan dapat menyebabkan infeksi.

Sangat mudah mengatasi cantengan jika terdeteksi pada tahap awal. Namun jika sudah mencapai tahap infeksi, solusi terbaik anda adalah dengan menemui dokter terdekat.

Berikut tips menyembuhkan cantengan seperti diambil dari Top10HomeRemedies.com yang dapat anda coba di rumah:

1. Rendam kaki dengan air hangat
Bagi penderita cantengan, merendam kaki pada air hanyat beberapa kali sehari dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan ganggkuan kesehatan ini.

Tuangkan air hangat dalam wadah, rendam kaki anda 15-20 menit. Lakukan 3-4 kali sehari.

2. Sempilkan kapas di bawah kuku ibu jari yang cantengan
Setelah merendam, sempilkan sedikit lintingan kapas di bawah kuku ibu jari. Dengan cara ini, kuku akan tumbuh di luar kulit ibu jari.

Ganti lintingan kapas sehabis rendaman untuk menghindari infeksi. Meski awalnya terasa sakit, namun cantengan anda akan lebih teratasi. Jangan terlalu dalam menyempilkan kapas (lihat gambar)

*Tips ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes dan gangguan sirkulasi darah

img_3626

Photo: Top10HomeRemedies.com

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top