Anjuran Minum 2 Liter Air Setiap Hari, Wajib atau Mitos? – FAJAR health
News Update

Anjuran Minum 2 Liter Air Setiap Hari, Wajib atau Mitos?

Photo source: urbanewomen.com

FAJAR HEALTH – Anda pasti pernah mendengar anjuran mengkonsumsi air minum setidaknya 2 liter setiap harinya. Entah bagaimana, anjuran ini seolah diterima di tengah masyarakat modern.

Namun, benarkah tubuh manusia memerlukan 2 liter air setiap harinya atau ini hanya sekedar mitos?

Menurut Authority Nutrition, sumbernya teori ini sendiri muncul sejak tahun 1945 melalui riset sebuah organisasi kala itu. Disebutkan bahwa setiap orang setidaknya membutuhkan 1 ml air dari setiap kalori yang dikonsumsinya.

Pada umumnya, setiap orang mengkonsumsi sekitar 2000 kalori per harinya. Dikalikan dengan 1 ml per harinya, maka konsumsi air yang dibutuhkan adalah 2000 ml (2 liter).

Sumber lainnyanya juga datang dari seorang ahli gizi bernama Dr. Frederi Stare yang merupakan co-author dari buku yang dirilis pada tahun 1974 yang merekomendasikan meminum 6 hingga 8 gelas setiap harinya.

Namun menurut sebuah temuan studi lain yang dilakukan pada tahun 2002 silam, tidak menemukan adanya keharusan mengkonsumsi air seperti dianjurkan penelitian-penelitian sebelumnya untuk memenuhi asupan air harian.

Namun yang perlu disadari adalah kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi ringan atau kekurangan 1 hingga 2 persen cairan tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala dan gangguan mood.

Untuk tetap terhidrasi, untungnya tubuh kita dilengkapi dengan insting alami yang disebut rasa haus. Karenanya manusia tidak perlu mengkhawatirkan soal berapa banyak asupan air yang dibutuhkan tubuh. Yang terpenting adalah ketika anda merasa haus, tandanya anda terpanggil untuk menghidrasi tubuh anda.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top