5 Hal yang Bikin Anda Mual Selain Kehamilan, Waspadai Nomor 4 – FAJAR health
News Update

5 Hal yang Bikin Anda Mual Selain Kehamilan, Waspadai Nomor 4

Photo source: parentsneed.com

FAJAR HEALTH – Anda suka merasa mual-mual tanpa sebab yang jelas, padahal anda tidak mengkonsumsi makanan yang aneh-aneh.

Rasa mual dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, bisa jadi itu bukan hal yang besar namun bisa juga tanda-tanda dari penyakit serius. Karenanya, jangan pernah menganggap remeh.

“Rasa mual bisa disebabkan oleh makan siang yang buruk atau bisa jadi tanda-tanda dari kanker pankreas,” kata dokter kandungan dan kebidanan Chavi Eve Karkowsky, M.D., seperti dilansir WomensHealthMag.com (15/11/2016).

Jika tak kunjung hilang serta mempengaruhi anda dalam menyerap nutrisi makanan, ia menganjurkan anda untuk segera mengujungi dokter.

Berikut beberapa penyebab rasa mual selain yang disebabkan oleh kehamilan yang perlu anda ketahui.

1. Anda mengalami migram
Dr. Karkowsky mengatakan bahwa rasa mual seringkali diikuti dengan migran. Banyak orang yang tidak menyadari kaitan antara keduanya. Konsumsi obat anti migran dapat membantu mengatasi rasa mual akibat migran.

2. Anda menderita “Pelvic Congestion Syndrome”
Menurut ahli bedah NYC, Christopher C. Hollingsworth, rasa mual juga dapat disebakan oleh Pelvic Congestion Syndrome yang disebabkan oleh kurangnya vena pada bagian panggul. Anda membutuhkan perawatan medis untuk mengatasi hal ini.

3. Anda stress
Masalah lainnya penyebab rasa mual yang anda rasakan adalah akibat dari stress. Keadaan ini dapat berkontribusi pada terjadinya gastritis atau radang selaput lendir. Hindari makanan pedas dan hanya makan dalam porsi yang kecil, serta hindari konsumsi kafein.

4. Anda menderita batu empedu
“Rasa mual dan muntah-muntah adalah ciri-ciri dari penyakit batu empedu,” kata bekas presiden dari American College of Phusicians, Sandra Fryhofer, M.D.. Selain itu, anda juga mengalami rasa sakit pada bagian kanan atas dari perut anda yang juga diikuti dengan demam. Ini butuh penanganan medis.

5. Obat-obatan anda penyebabnya
Selain 4 masalah di atas, Dr. Fryhofer mengatakan bahwa konsumsi obat-obatan seperti pil KB, vitamin, atau jenis obatan OTC memiliki efek samping yang membuat anda merasa mual. Ia menyarankan agar hanya mengkonsumsi obat usai menyantap makanan.

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top