6 Dampak Terlalu Banyak Ngopi dan Bagaimana Mengatasinya – FAJAR health
Warning

6 Dampak Terlalu Banyak Ngopi dan Bagaimana Mengatasinya

Photo source: google image

FAJAR HEALTH – Kebiasaan minum kopi dewasa ini sudah menjadi rutinitas sehari-hari masyarakat modern. Tanpa kehadirannya, hari anda mungkin akan terasa ada yang kurang.

Selain membuat kita terjaga, kopi juga memilki banyak manfaat terhadap kesehatan yang dapat dimanfaatkan manusia seperti meningkatkan daya ingat, melindungi anda dari kanker, membantu tubuh dalam pembakaran lemak dan masih banyak lagi.

Meskipun kaya akan manfaat, mengkonsumsi terlalu banyak kopi juga ternyata dapat memberikan masalah kesehatan tersendiri bagi penikmatnya. Ketika kondisi ini terjadi pada anda, amat disarankan untuk mengurangi kebiasaan anda ini.

Berikut beberapa gangguan fisik yang anda alami jika terlalu banyak mengkonsumi kopi seperti diambil dari Prevention.com:

1. Anda terlalu bersemangat
Menurut Michael Yassa, seorang profesor dari University of California, meminum terlalu banyak kopi dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik dan menyebabkan kecemasan, kegelisahan, peningkatan detak jantung, iritabilitas dan amarah yang meluap. Ganti kopi anda dengan decaf untuk mengurangi asupan kafein.

2. Tertidur saat jam kerja
Salah satu sifat kopi adalah membuat anda terjada. Namun ketika efeknya hilang, anda akan kehabisan banyak energi.

“Kebanyakan orang terlalu banyak mengandalkan kafein untuk membuat mereka terjaga di siang hari, namun ini cara yang salah,” kata pakar nurtrisi Jenna Braddock, RDN.

Ia menganjurkan anda untuk makan. “Hanya makanan yang dapat menyediakan sumber energi untuk tubuh anda,” tambahnya.

3. Terlalu banyak buang air kecil
Kopi adalah diuretik, artinya, konsumsi kopi dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil anda, terlebih mereka yang tidak meminumnya secara reguler.

Untuk mengatasi hal ini, pakar diet Corinne Dobbas, MS, RD, menganjurkan untuk ngopi yang dibarengi dengan camilan. Dengan begitu proses pergerakan cairan pada perut dan sistem pencernaan dapat dikurangi.

4. Mata anda berkedut-kedut
Menurut National Institutes of Health, kafein adalah salah satu dari tiga besar penyebab mata manusia yang berkedut. Sementara menurut penelitian yang dilakukan York University, konsumsi kafein dapat memicu pelepasan hormon serotonin dan noradrenaline, excitatory neurotransmitter yang dapat mempengaruhi otot dan saraf tubuh manusia. Hindari kopi dan perbanyak minum air putih.

5. Anda sulit menahan poop
Menurut penelitian, kandungan asam yang dimiliki kopi dapat menstimulasi usus dan kolon, menyebabkan anda sulit untuk menahan poop. Jika anda mengalami hal ini, kopi yang cocok untuk anda adalah kopi hitam dan espresso yang rendah akan kandungan asam dan kafein.

6. Jam tidur anda berantakan
Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa konsumsi kopi dapat mengganggu tidur anda, baik secara kualitas dan kuantitas, meski anda memimunnya 6 jam sebelum jam tidur. Kalau sudah begini, anda tidak akan lagi mendapatkan manfaat baik dari kopi, kata Dr. Yassa. Mau tidak mau, anda harus menghindari kopi, setidaknya sebelum jam 4 sore.

(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top