7 Alasan Mengapa Anda Sering Sekali Kentut – FAJAR health
News Update

7 Alasan Mengapa Anda Sering Sekali Kentut

Photo source: stickypassword.com

FAJAR HEALTH – Buang angin atau kentut adalah hal yang dapat membuat anda lega namun juga malu di waktu yang bersamaan.

Lebih memalukan lagi ketika aroma kentut anda ternyata baunya bukan kepalang, ditambah lagi, frekuensinya jadi lebih sering dan terkadang tidak dapat diajak negosiasi alias harus segera dibuang.

Menurut Lisa Ganjhu, osteopath, gastroenterolog dan profesor kedokteran dari NYU Langone Medical Center, di AS, ada 7 hal yang dapat menyebabkan kondisi di atas.

Berikut seperti diambil dari WomensHealthMag:

1. Anda minum terlalu banyak soda
Mengkonsumsi minuman berkarbonasi, mengunyah permen karet atau minum menggunakan sedotan dapat menyebabkan terperangkapnya udara di dalam usus besar.

2. Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan dengan pemanis buatan
Tubuh manusia tidak dapat mencerna pemanis buatan seperti sorbitol atau zylitol. Ketika terlalu lama berada di dalam usus akan menyebabkan proses fermentasi, kata Dr. Ganjhu. Mengurangi konsumsi jenis makanan ini dapat mengurangi gas dalam perut anda.

3. Anda suka makan salad
Kendati menyehatkan, sayuran seperti kale, kubis, sprout, dan brokoli mengandung karbo yang membuat mereka sulit untuk dicerna. Selama berada di dalam pencernaan, jenis makanan ini akan memproduksi gas. Anda dapat mengkonsumsi tablet yang mengandung enzim untuk menyelesaikan masalah yang satu ini.

4. Anda sedang stess
Usus manunia dan emosi terkoneksi melalui sistem saraf dan neurotransmitter. Jadi, jika anda memiliki masalah dengan pikirin anda dapat secara langsung mempengaruhi kinerja usus. Untuk mengatasi stress, mungkin anda ingin mencoba cara bermeditasi.

5. Anda intoleransi laktosa
Kondisi ini adalah ketidakmampuan tubuh memproduksi asupan laktat, enzim yang berfungsi mencerna susu. Kondisi ini juga baru dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Jika anda mengalami hal ini, solusinya adalah dengan menghindari produk susu.

6. Anda baru saja melahirkan
Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti asal Swedia, 25 persen wanita mengalami perut kembung dalam kurun waktu 5 bulan usai melahirkan, khususnya mereka yang melewati proses persalinan panjang. Untuk kondisi ini, anda harus sabar menunggunya berakhir dengan sendirinya, jelas Dr. Ganjhu.

7. Anda konstipasi
Jika anda mengalami konstipasi, tentunya poop anda tertahan di dalam perut anda, dimana akan terjadi penguapan. Ganjhu menyarankan diet FODMAP atau menghindari karbohidrat yang tidak mampu dicerna sempurna oleh tubuh.

(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top