Bolehkan Penderita Diabetes Mengkonsumsi Nasi? – FAJAR health
News Update

Bolehkan Penderita Diabetes Mengkonsumsi Nasi?

Nasi Goreng Mangga | Photo Source: Royco.co.id

FAJAR HEALTH – Apakah penderita diabetes atau diabetesi diperbolehkan mengkonsumsi nasi?

Harus diketahui, makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti cereal, pasta, nasi, gandung dan sayuran bertepung (jagung, kacang polong, kentang, dsb) tidak dilarang untuk dikonsumsi diabetesi, hanya saja jumlahnya mesti dibatasi.

Perlu kembali diingatkan bahwa konsumsi nasi putih adalah salah satu penyebab tingginya angka penderita diabtes di kawasan Asia.

Kembali ke masalah konsumsi nasi, satu per tiga piring nasi mengandung setidaknya 15 gram karbohidrat. Angka tersebut adaalah satu per tiga jumlah asupan karbohidrat yang dianjurkan setiap makan, jika target per satu porsi makanan adalah 45-60 gram karbohidrat.

Selain memperhatikan jumlah, jenis dan jadwal asupan anda, anda juga dapat mencoba alternatif lain dengan mengganti jenis beras putih anda dengan beras coklat.

Ada pun alasan yang tepat bagi anda meninggalkan atau mengurangi konsumsi beras putih adalah karena kandungan glycemic index (GI) yang tinggi.

Jika kandungan GI pada beras coklat hanya sekitar 50, namun pada beras putih bisa mencapai 89. Itu artinya, beras putih dapat meningkatkan kadar gula darah hampir dua lebih cepat dibandingkan beras coklat.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top