Waspadai 5 Ciri Pembekuan Darah, Bisa Berbahaya! – FAJAR health
News Update

Waspadai 5 Ciri Pembekuan Darah, Bisa Berbahaya!

Photo source: thrombocyte.com

FAJAR HEALTH – Pembekuan darah tidak selamanya buruk. Ketika anda terluka, darah akan mengeras dan membantu menghentikan pendarahan.

Namun terkadang, pembekuan darah dapat terjadi ketika anda tidak membutuhkannya. Hal ini bisa saja berbahaya, terlebih ketika terjadi pada pembuluh darah vena di di sekitar otot.

“Ketika pembekuan darah terjadi di sistem yang dalam, hal ini akan menyebabkan rasa sakit dan membahayakan,” kata Luis Navarro, MD, pendiri Vein Treatment Center di New York City, yang dilansir Prevention.com (21//11/2016).

Kondisi ini dinamakan deep vein thrombosis (trombosisi vena dalam) atau DVT. Seperti halnya jalan raya yang macet, DVT menyebabkan macetnya sirkulasi darah dan menghalangi peredaran darah.

Berikut ini ciri-ciri tubuh yang mengalami pembekuan darah yang wajib anda waspadai:

1. Bengkak pada sebelah kaki atau tangan
Pembengkakan yang terjadi pada salah satu kaki atau tangan adalah salah satu ciri paling umum DVT. Orang seringkali tidak menyadari hal ini.

2. Rasa sakit pada kaki atau tangan
Selain bengkak, DVT biasanya diikuti dengan rasa sakit, atau bisa juga hanya rasa sakit tanpa diikuti dengan pembengkakan. Kata Navarro, kondisi ini seringkali dianggap sebagai keram biasa dan tak terdiagnosa.

3. Warna merah pada kulit
Jika tangan atau kaki anda membengkak diikuti dengan perubahan warna kulit, biasanya merah dan terasa hangat, ini adalah ciri-ciri DVT.

4. Rasa sakit pada dada
Rasa sakit pada dada biasa dikaitkan dengan sakit jantung, namun bisa saja itu pulmonary embolism (PE), pembekuan darah yang mencegah organ-organ penting tubuh mendapatkan oksigen yang dibutuhkan paru-paru.

Ciri lainnya anda mengalami PE adalah ketika setiap nafas yang anda lakukan diikuti dengan rasa sakit. Segera temui dokter.

5. Nafas pendek atau jantung berdebar
Pembekuan darah pada orang muda dapat menghambat paru-paru mendapatkan pasokan O2 yang dibutuhkan. Dada akan terasa sesak dan kesulitan mengirup nafas panjang. Hal ini bisa menyebabkan anda tepar atau bahkan jatuh pingsan.

(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top