Obat Stroke Temuan Studi Inggris Ini Menjanjikan – FAJAR health
News Update

Obat Stroke Temuan Studi Inggris Ini Menjanjikan

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Stroke tidak hanya menjadi penyebab kematian tertinggi nomor dua namun juga penyebab dari disablitas yang dialami orang-orang di seluruh dunia

Stroke sendiri terjadi ketika otak tidak mendapatkan pasokan darah yang dibutuhkan yang kemudian memicu kerusakan sel-sel otak. Pembekuan darah adalah salah satu penyebabnya.

Belum lama ini, sebuah studi jenis obat baru yang dilakukan peneliti asal Inggris telah menunjukan hasil yang menjanjikan. Pada subjek penelitan mereka (tikus), obat tersebut terbukti mampu mengurangi  kerusakan pada sel otak rusak sekaligus mendorong pertumbuhan sel yang baru.

Menurut studi yang dipimpin oleh University of Manchester dan dirilis pada jurnal Brain, Behavior, and Immunity itu, temuan tersebut menawarkan masa depan yang jelas terhadap pengembangan obat bagi pasien yang menderita serangan stroke.

Obat bernama interleukin-1 receptor antagonist atau disingkat IL-1Ra ini sebenarnya sudah digunakan secara resmi untuk mengatasi kondisi kesehatan seperti peradangan sendi, sementara untuk stroke sendiri, obat ini telah berhasil melewati uji coba tahap awal.

“Hasil temuan ini menunjukan prospek yang bagus (menggunakan IL-1Ra) untuk mengatasi stroke, akan tetapi (penggunaannya) masih akan membutuhkan penelitan yang lebih lanjut,” kata Prof. Stuart Allan seperti dilansir Medical News Today (29/11/2016).(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top