Bahaya Konsumsi Air Tanpa Kontrol bagi Penderita Masalah Ginjal – FAJAR health
Warning

Bahaya Konsumsi Air Tanpa Kontrol bagi Penderita Masalah Ginjal

Photo source limeroad.com

FAJAR HEALTH – Salah satu fungsi ginjal adalah untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Namun ketika fungsinya mengalami masalah, maka tubuh tidak akan mampu mengeluarkan volume air yang berlebih.

Meski kedengarannya tidak begitu berbahaya, namun air berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan pada akhirnya berkontribusi pada penyakit jantung.

Bagi penderita gangguan ginjal, mengasup jumlah air pada dosis yang tepat adalah hal yang krusial. Karena asupan air yang berlebihan pada penderita masalah ginjal hanya akan memberatkan kerja ginjal itu sendiri.

Asupan air yang dianjurkan bagi penderita gangguan ginjal sendiri berbeda-beda, tergantung dari tingkat kerusakan yang dialami masing-masing penderita. Sebab itu, penting untuk mengkonsultasikan kondisi ini pada dokter.

Untuk menghindari konsumsi air berlebih, penderita masalah ginjal dianjurkan untuk mengontrolnya dengan berkumur air dingin, menghisap es batu atau mengunyah permen karet.

Tips lainnya adalah dengan mengubah pola makan dengan mengkonsumsi menu sehat dan seimbang. Namun bagi mereka dengan kondisi yang sudah parah, memerlukan diet khusus dari pakar diet.

Selain itu, mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah agar berada pada garis normal bukan hal yang bisa dikompromikan, sama pentingnya dengan resep obat yang dianjurkan dokter anda.(Fajar)

loading...

Most Popular

To Top