Hindari Resiko Kebutaan dengan Konsumsi Asam Lemak Ini – FAJAR health
News Update

Hindari Resiko Kebutaan dengan Konsumsi Asam Lemak Ini

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Pengelihatan yang menurun adalah salah satu gejala kekurangan asam lemak esensial yang mengandung molekul lemak penting yang dibutuhkan tubuh.

Perlu diketahui, asam lemak esensial dapat membantu tubuh mengatur drainase cairan intraokular pada mata dan mengurangi resiko seseorang terkena glaukoma, penyakit yang bertanggungjawab atas banyaknya kasus kebutaan pada manusia.

Selain dapat menyebabkan cairan mata berlebih, kekurangan asam lemak esensial juga dapat menyebabkan keratoconjunctivitis sicca atau sindrom mata kering. Sindrom mata kering biasanya menunjukan gejala seperti mata lelah, pedih dan memerah.

Menurut sebuah studi yang dirilis pada American Journal of Clinical Nutrition di tahun 2009, disebutkan bahwa mereka yang gemar mengasup asam lemak omega-3 dapat mengurangi resiko terkena degenerasi makula, kondisi di mana sentral mata mengalami penurunan fungsi pengelihatan, sebesar 30 persen.

Sementara menurut studi tahun 2011 yang dirilis pada International Journal of Ophthalmology, minyak liver ikan cod (salah satu ikan yang kaya akan lemak omega-3) dapat anda manfaatkan untuk memerangi glaukoma.

Manfaat konsumsi omega-3 juga ditunjukan pada studi yang dirilis pada International Journal of Ophthalmology di tahun 2013 yang menyebutkan bahwa konsumsi omega-3 juga memiliki kemampuan mengatasi kondisi mata kering.

Asam lemak Omega-3 sendiri dapat ditemui pada jenis makanan seperti buah alpukat, jenis ikan seperti salmon, tuna, herring, mackarell atau sarden, minyak zaitun dan suplemen.(Fajar)

 

Source: Top10HomeRemedies.com

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top