4 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Wajib Anda Kenali – FAJAR health
News Update

4 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Wajib Anda Kenali

Photo source: dnaindia.com

FAJAR HEALTH – Kanker pankreas adalah salah satu jenis kanker mematikan yang pernah ada dengan tingkat bertahan hidup yang rendah. Alasannya adalah karena kanker pankreas sulit sekali untuk terdeteksi di tahap awal.

Pankreas sendiri adalah organ berbentuk datar dan panjang yang memproduksi enzim dan hormon yang dibutuhkan tubuh dalam mencerna makanan yang diasup manusia.

Meski sulit dideteksi, namun kanker ini dapat dikenali dengan memperhatikan 5 perubahan yang terjadi pada penderitanya. Berikut seperti diambil dari Prevention.com:

1. Bentuk poop anda terlihat aneh
Jika warna poop anda terlihat pucat dan mengambang, itu adalah gejala dari kekurangan nutrien.

“Enzim yang diproduksi pankreas membantu tubuh mencerna lemak dalam makanan,” kata Andrew Hendifar, MD, co-director pancreas oncology dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles

Memiliki masalah dengan pankreas juga akan membuat poop anda terlihat lebih berminyak. Itulah lemak makanan yang gagal dicerna oleh pankreas, ungkap Dr. Hendifar.

2. Nyeri pada perut
Nyeri pada perut adalah salah satu ciri umum baik dari kanker pankreas dan pankreatitis akut (salah satu jenis peradangan yang dapat menyebabakan kematan). Pada kanker pankreas, rasa sakitnya terjadi pada bagian tengah perut atau punggung bawah.

3. Mual dan muntah-muntah akibat beberapa jenis makanan
Terganggunya produksi enzim juga mengganggu fungsi sistem pencernaan penderitanya yang menyebabkan rasa mual.

“Hamburger seringkali menjadi pemicu rasa mual, begitu juga alpukat dan kacang-kacangan, sama halnya juga pizza,” ungkap Dr. Hendifar.

4. Berat badan anda mengalami penurunan
Anda mungkin merasa diet anda berhasil. Namun penurunan berat badan yang anda alami ini bisa jadi disebabkan oleh gangguan penceranaan seperti yang disebutkan di atas, Hendifar menjelaskan.

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top