Studi Harvard Ungkap Efek Kebiasaan Berolahraga pada Otak – FAJAR health
Fitness

Studi Harvard Ungkap Efek Kebiasaan Berolahraga pada Otak

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Sebuah studi terbaru berhasil mengungkap kaitan antara kebiasaan berolahraga dengan kerja otak yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan.

Dilansir MensHealth.com, studi yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard Medical School di Amerika Serikat ini menemukan bahwa mereka yang rajin berolahraga secara reguler memiliki keinginan yang rendah terhadap konsumsi jenis makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Para peneliti Harvard mengatakan, dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga sama sekali, mereka yang rajin berolahraga memiliki ketertarikan yang rendah terhadap jenis makanan seperti burger dan kentang goreng, yang mana salah satu penyebab dari obesitas di berbagai belahan dunia manapun.

Dengan berolahraga, kata William Killgore, Ph.D., akan terjadi reaksi pembakaran kalori pada tubuh, yang kemudian mempengaruhi otak anda atas beberapa jenis makanan.

Hal ini, kata Dr. Killgore, bisa jadi disebabkan oleh perubahan tingkat sensitifitas leptip (protein pada sel lemak yang mengontrol nafsu makan dan mengirimkan sinyal pada otak bahwa perut sudah dalam keadaan penuh) pada otak yang disebabkan oleh aktifitas berolahraga.

Skenario lainnya, menurut Killgore, adalah karena olahraga itu sendiri mempengaruhi bagaimana mood seseorang yang kemudian membunuh keinginannya untuk mengkonsumsi camilan (yang biasanya tinggi akan kalori).

Untuk merasakan benefit olahraga ini, anda hanya perlu berolahgara selama 40 menit setiap harinya, setidaknya 3 hari dalam seminggu.(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top