Alasan Sebenarnya Mengapa Manusia Menguap – FAJAR health
News Update

Alasan Sebenarnya Mengapa Manusia Menguap

Photot source: musical-hero.com

FAJAR HEALTH – Tubuh manusia memiliki struktur kompleks yang membuatnya sulit untuk dimengerti. Salah satunya adalah bagaimana cara kerja dari sistem pertahanan diri tubuh itu sendiri.

Mekanisme pertahanan diri adalah strategi psikologi yang dihasilkan dari pikiran bawah sadar manusia sebagai kemampuan alami untuk bertahan hidup.

Mekanisme ini melindungi kita dari sesuatu yang merugikan secara fisik dan mengarahkan bagaimana menjalani hidup yang baik dan sehat.

Salah satu bentuk mekanisme pertahanan diri yang mungkin tidak anda sadari adalah bagaimana manusia menguap.

Menguap umumnya terjadi disaat sebelum dan sesudah tidur, disaat kelelahan, stress, bosan, lapar, mengantuk dan akibat tertular orang (ya, menguap dapat menular)

Namun menurut sebuah penelitian, alasan utama mengapa seseorang menguap adalah untuk mendinginkan atau mengistirahatkan otak.

Disaat anda menguap, akan terjadi perenggangan pada rahang. Hal ini mendorong proses peningkatan aliran darah pada leher, wajah dan kepala.

Selain itu, udara yang terhirup saat anda menguap, berfungsi menurunkan kadar cairan spinal dan darah pada otak dan dalam waktu yang bersamaan mendinginkan kedua cairan tersebut.

Beberapa hal di atas tertuang dalam studi yang dirilis pada International Journal of Applied Basic Medical Research dan Physiology & Behavior.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top