Menyingkirkan Jamur pada Pinggiran Roti dan Memakan Bagian Lainnya, Aman Tidak? – FAJAR health
Warning

Menyingkirkan Jamur pada Pinggiran Roti dan Memakan Bagian Lainnya, Aman Tidak?

Photo source: theboatgalley.com

FAJAR HEALTH – Roti adalah salah satu menu konsumsi harian anda? Mungkin anda pernah memperhatikan bahwa roti yang anda beli menunjukan tanda-tanda perubahan tekstur akibat kontaminasi jamur.

Sebagian orang ada yang langsung membuangnya, namun ada juga yang membuang bagian roti yang berjamur dan mengkonsumsi bagian yang terlihat baik-baik saja. Amankah ini?

Well, yang perlu anda ketahui adalah perubahan warna atau jamur yang muncul pada roti (umumrnya terjadi pada pinggirannya terlebih dahulu) disebabkan oleh spora.

Ketika anda pikir bahwa dengan menyingkirkan bagian yang jamur yang terlihat, maka aman untuk mengkonsumsi bagian lainnya adalah hal yang keliru, karena anda bisa saja mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh fungus (mikroorganisme) yang tak kasat mata.

Menurut Nadine Shaw, spesialis dari United States Department of Agriculture, tidak semua fungus berbahaya ketika tertelan, namun beberapa jenis fungus dapat menyebabkan reaksi alergi, gangguan pernapasan dan berpotensi memproduksi mikotoksin seperti aflatoksin yang dapat menyebabkan kanker hati dan melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Intinya, jika biasanya anda hanya menyingkirkan bagian roti yang secara kasat mata terlihat berjamur, mulai dari sekarang, singkirkan roti sisa anda, be smart!(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top