Kaitan antara Kebiasaan Begadang dengan Resiko Serangan Jantung – FAJAR health
News Update

Kaitan antara Kebiasaan Begadang dengan Resiko Serangan Jantung

Photo source: amsj.com.au

FAJAR HEALTH – Tidur adalah hal yang paling esensial untuk mengembalikan kondisi tubuh pada kondisi terbaiknya.

Namun di era modern ini, kesulitan untuk mendapat kualitas tidur yang baik atau bahkan untuk sekedar tidur, telah menjadi masalah yang memprihatinkan.

Kebiasaan menggunakan gadget di tempat tidur, khususnya menjelang tidur, atau menonton tayang televisi secara maraton, belakangan menjadi salah satu penyebab dari rusaknya pola tidur normal seseorang. Alhasil, waktu tidur pun hanya seadanya.

Padahal menurut National Sleep Foundation, jam tidur normal bagi orang dewasa adalah sekitar 7 hingga 9 jam setiap malam untuk mengistirahatkan tubuh secara maksimal.

Laman Top 10 Home Remedies menyebutkan bahwa kekurangan tidur adalah salah satu penyebab utama dari berbagai macam jenis penyakit serius, salah satunya penyakit jantung.

Hal ini disinggung pada studi yang dirilis tahun 2000 silam pada jurnal Hypertension yang menganalisa tentang efek dari kekurangan tidur terhadap kontrol sirkulasi saraf.

Disebutkan bahwa kebiasaan ini berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan penurunan aktifitas saraf simpatik.

Sementara pada studi tahun 2009 yang dirilis pada Progressive Cardiovascular Disease menunjukan bahwa tidak hanya mempengaruhi tekanan darah, kekurangan tidur juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Masalah kesehatan yang dimaksudkan adalah seperti inflamasi, perubahan autonomic tone dan hormon yang diketahui berkontribusi pada terbentuknya penyakit kardiovasukel, khususnya penyumbatan pembuluah darah arteri.

Dampak dari kekurang tidur juga diungkap pada studi tahun 2011 yang dirilis pada European Heart Journal. Disebutkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit jantung koroner dan stroke jika dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 hingga 8 jam setiap malamnya.

Jika disimpulkan dari 3 studi di atas, waktu tidur yang normal adalah tidur yang dilakukan di malam hari dengan intensitas waktu antara 7 hingga 9 jam. Itu juga bisa diartikan bahwa kebiasaan begadang adalah salah satu pemicu terjadinya penyakit yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia ini.

Ingin terhindar dari resiko penyakit jantung, jawabannya tentu adalah dengan menghindari begadang, terlebih ketika begadang anda tiadanya artinya.(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top