4 Jenis Penyakit Berjuluk ‘Silent Killer’ Selain Penyakit Jantung – FAJAR health
News Update

4 Jenis Penyakit Berjuluk ‘Silent Killer’ Selain Penyakit Jantung

Photo source: liversupport.com

FAJAR HEALTH – Ada beberapa penyakit di dunia ini yang masuk dalam kategori “silent killer” atau penyakit penyebab kematian mendadak.

Silent killer umumnya sangat menipu, karena beberapa jenis penyakit ini pintar menyembunyikan gejala awalnya dan bahkan terkadang lolos tanpa terdeteksi. Jika sudah berlarut, dapat Fatty Liver Disease komplikasi dan terkadang kematian.

Kemungkinan orang-orang hidup dengan penyakit silent killer tanpa menyadarinya adalah besar. Karenanya penting untuk berbagi kesadaran mengenai hal ini.

Berikut beberapa jenis penyakit, selain penyakit jantung, yang masuk dalam kategori silent killer yang perlu anda ketahui seperti diambil dari laman Top 10 Home Remedies:

1. Tekanan darah tinggi
Mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah mereka dengan tekanan darah yang menunjukan angka di atas 140/90 mm Hg atau lebih tinggi.

Hipertensi biasanya dipicu oleh stress, rokok, asupan garam tinggi, kecemasan, kebiasaan minum alkohol dan kurang gerak. Jika dibiarkan tanpa perawatan, darah tinggi dapat meningkatkan resiko penderitanya terkena serangan jantung dan stroke.

2. Diabetes
Ketika sudah terkena diabetes, maka hidup penderitanya tidak akan pernah sama lagi. Perubahan pola hidup adalah keharusan untuk hidup yang lebih baik.
Diabetes yang tak terkendali dapat menyebabkan komplikasi dan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, gagal ginjal, amputasi kaki, strike dan pengelihatan yang memburuk.

3. Perlemakan hati
Kondisi ini adalah kondisi dimana hati kesulitan menghancurkan lemak yang kemudian memicu penumpukan lemak. Ada dua jenis perlemakan hati, penyakit hati alkohololik dan non alkoholik. Pada tahap awal, penyakit ini tidak menunjukan gejala awal yang membahayakan.

Ketika berlangsung dalam waktu yang lama, lemak yang terakumulasi pada hati kemudian memicu inflamasi dan luka, yang kemudian memicu penyakit yang lebih serius. Penderita kondisi ini umumnya merasakan rasa sakit pada area bagian atas kanan perut, kelelahan, hilangnya nafsu makan, kolesterol tinggi, polycystic ovary syndrome, sleep apnea, diabetes tipe 2, masalah tiroid dan kelenjar pituitari.

4. Kanker kolon
Kanker kolon juga salah satu penyakit berjuluk silent killer dan adalah kanker paling umum terjadi nomor tiga yang terjadi di Amerika Serikat. kanker kolon terbentuk dalam waktu yang lama. Ditahap awalnya, atau dikenal dengan istilah polip, bukanlah jenis kanker, namun dapat berkembang menjadi sel kanker dalam hitungan tahun.

Gejala awalnya yang ditunjukan kanker kolon adalah seperti konstipasi, diare, poop berdarah, rasa sakit pada perut, berat badan yang turun tanpa sebab yang jelas dan beberapa lainnya.

(Fajar)

loading...

Most Popular

To Top