5 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Masuk Kulkas (PART 2) – FAJAR health
News Update

5 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Masuk Kulkas (PART 2)

FAJAR HEALTH – Melanjutkan artikel sebelumnya (baca: 5 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Masuk Kulkas).

Disebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak seharusnya disimpan di kulkas untuk berbagai alasan.

Alasannya adalah bahwa beberapa jenis makanan ini, ketika disimpan dalam kulkas, justru tidak menguntungkan bagi manusia sebagai konsumennya.

Mulai dari hilangnya manfaat buah terhadap kesehatan, rusaknya teksur buah akibat proses pematangan, pembusukan, memicu pertumbuhan jamur dan proses pembekuan atau kristalisasi.

Jika sebelumnya disebutkan 5 jenis makanan yang terdampak efek kulkas, seperti semangka utuh, tomat, kentang, bawang bombai dan madu, berikut 5 jenis makanan yang juga tidak seharusnya anda simpan dalam kulkas:

1. Bawang putih
Bawang putih yang terkespos pada suhu dingin kulkas, dapat membuat daging bawang menjadi lembek dan menyebabkan perubahan rasa. Jika anda ingin menyimpan bawang putih dalam kulkas, gunakan wadah kedap udara untuk menghindari proses kerusakan.

2. Biji kopi dan kopi bubuk
Biji kopi dan kopi bubuk dasarnya memiliki kemampuan hidroskopis yang memungkinannya untuk menyerap kelembaban dari area di sekitarnya. Ketika disimpan dalam kulkas, kopi dapat menyerap aroma dari makanan lain di dalam kulkas. Ini akan merubah cita rasa kopi itu sendiri

3. Roti
Roti juga tidak seharusnya masuk ke dalam kulkas, khususnya roti gandum. Tepung gandung kaya akan pati granul. Ketika terekspos pada udara lembab, pati ini dapat berubah menjadi menjadi tak berbentuk, memicu perubahan tekstur roti menjadi kering dan membuatnya jadi lebih cepat rusak

4. Buah batu
Jenis buah batu, seperti buah persik, aprikot, ceri dan plum adalah jenis buah yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Suhu dingin dan kelembaban dapat dengan cepat mempengaruhi kualitas dan rasanya.

5. Olive oil
Bagi anda yang memasak menggunakan olive oil sebagai pengganti minyak biasa, jangan pernah menyimpannya di dalam kulkas. Sama seperti reaksi yang ditunjukan buah batu, suhu rendah kulkas dapat mempengaruhi kualitas dan rasanya dari olive oil atau minyak zaitun.

(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top