4 Jenis Penyakit Berjuluk ‘Silent Killer’ Selain Penyakit Jantung (PART 2) – FAJAR health
News Update

4 Jenis Penyakit Berjuluk ‘Silent Killer’ Selain Penyakit Jantung (PART 2)

PHOTO SOURCE: LIVERSUPPORT.COM

FAJAR HEALTH – Melanjutkan artikel sebelumnya (baca: 4 Jenis Penyakit Berjuluk ‘Silent Killer’ Selain Penyakit Jantung)

Seperti disebutkan sebelumnya, penyakit berjuluk silent killer umumnya sangat menipu, karena beberapa jenis penyakit ini pintar menyembunyikan gejala awalnya dan bahkan terkadang lolos tanpa terdeteksi.

Bahkan, kemungkinan orang-orang hidup dengan penyakit silent killer tanpa menyadarinya adalah besar. Karenanya penting untuk berbagi kesadaran mengenai hal ini.

Berikut 4 jenis penyakit silent killer selain penyakit jantung, hipertensi, diabetes, perlemakan hati dan kanker kolon seperti diambil dari laman Top 10 Home Remedies:

1. Kanker kulit nonmelanoma
Kanker kulit jenis ini terbentuk secara perlahan pada lapisan atas kulit akibat terekspos radiasi sinar ultraviolet dari matahari atau penggunaan sunlamp dan tanning bed. Selain itu, kanker kulit nonmelanoma juga dapat terjadi akibat keturunan. Pria dan mereka yang berumur di atas 40 tahun adalah yang paling beresiko terkena jenis kanker ini.

2. Chagas
Penyakit chagas adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh parasit. Setidaknya 10 juta orang di seluruh dunia menderitanya. Pemicunya adalah akibat gigitan seranga bernama ‘kissing’ yang membawa parasi bernama Trypanosoma cruzi.

Gejala yang ditunjukan mereka yang terinfeksi paratis ini adlah pembekakan di kelopak mata (jika masuk lewat mata), demam, lelah, sakit kepala, pembengkakan kelenjar tubuh, dan lainnya. Ketika kronis, dapat memicu penyakit kardiovaskuler dan masalah gastrointestinal yang dapat berujung kematian.

3. Hepatitis
Hepatitis adalah kondisi dimana terjadinya peradangan pada hati dan menginfeksi ribuan orang di seluruh dunia. Penyakit yang terdiri dari beberapa jenis, Hepatitis A, B, C, D dan E. Umumnya tidak terbentuk dalam hitungan tahun dan tanpa gejala berarti, namun dalam beberapa kasus juga menyebabkan rasa lelah, nyeri otot, poop berwarna pucat, demam, muntah-muntah dan diare.

4. Kanker serviks
Menurut WHO, kanker serviks adalah kanker nomor empat yang paling umum terjadi dan penyebab kematian pada wanita, khususnya di negara-negara berkembang.

Kanker ini dipicu oleh human papillomavirus atau HPV yang menyebar melalui kontak s*ksual. Selain itu, mereka yang gemar merokok, suka bergonta-ganti pasangan s*ks, menggunakan pil KB dalam waktu lama adalah mereka yang beresiko tinggi terkena kanker jenis kanker ini.

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top