Beberapa Hal Ini Pemicu Bau Mulut yang Anda Alami – FAJAR health
News Update

Beberapa Hal Ini Pemicu Bau Mulut yang Anda Alami

PHOTO SOURCE: INDIATVNEW.COM

FAJAR HEALTH – Bau mulut atau halitosis adalah hal yang paling memalukan yang dapat terjadi pada siapa saja dari segala usia.

Tidak hanya mempengaruhi aspek kehidupan, bau mulut juga menyebabkan kecemasan bagi penderitanya. Akibatnya, tingkat kepercayaan diri pun menurun.

Bau mulut seringkali disebabkan oleh penumpukan bakteri yang menghancurkan sisa makanan penyebab bau menyengat.

Namun yang perlu diketahui adalah bahwa penumpukan bakteri yang terjadi bukanlah tanpa pemicu. Apa saja pemicunya, berikut seperti diambil dari laman Top 10 Home Remedies:

1. Mulut yang tak terawat
Jika anda malas menyikat dan mem-floss gigi anda, maka sisa makanan yang anda konsumsi akan berkumpul. Sisa makanan ini kemudian berubah menjadi bakteri yang menempel pada gigi, yang dikenal dengan istilah plaque, yang menjadi salah satu penyebab bau tak sedap.

2. Merokok
Mereka yang memiliki kebiasaan merokok seringkali memiliki masalah dengan bau mulut yang disebut dengan “smoker’s breath” atau napas perokok. Partikel asap rokok yang terperangkap pada tenggorokan dan paru-paru adalah salah satu penyebab bau mulut. Selain itu, mulut kering akibat merokok juga menjadi penyebab pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

3. Alkohol
Sama halnya dengan rokok, mengkonsumsi alkohol juga menyebabkan mulut kering yang mendorong pertumbuhan bakteri penyebab bau tak sedap selain sebagai pemicu dari heartburn dan asam lambung yang juga terkait dengan penyebab bau tak sedap.

4. Konsumsi bawang
Beberapa makanan juga bertanggungjawab atas bau mulut. Contohnya adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua bawang ini diketahui memilki kandungan sulfur. Ketika dicerna oleh tubuh, sulfur akan tersebar ke dalam aliran darah dan menyebabkan bau mulut ketika anda membuang napas.

5. Kopi
Pernahkah anda menyadari bahwa bau mulut anda muncul setiap usai meminum kopi. Ya, minuman favorit ini mungkin adalah penyebabnya. Seperti halnya rokok dan alkohol, kopi juga menyebabkan penurunan produksi air liur, yang menyababkan mulut menjadi kering. Anda pasti sudah bisa menebak, kondisi mulut kering yang diakibatkan kebiasaan meminum kopi memicu pertumbuhan bakteri penyabab bau mulut.

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top