6 Manfaat Kaldu Tulang yang Tidak Disadari Orang – FAJAR health
Healthy Foods

6 Manfaat Kaldu Tulang yang Tidak Disadari Orang

Photo source: pinterest

FAJAR HEALTH – Kaldu tulang mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Seringkali ditemui pada menu makanan seperti untuk sup atau bahan saus.

Namun tahukan anda, kaldu tulang kini populer menjadi minuman kesehatan. Ya, kaldu tulang begitu banyak manfaat kesehatan hingga-hingga yang memengkonsumsinya pun belum tentu sadar apa yang ditawarkan minuman ini.

Lalu apa yang yang membuatnya istimewa? Berikut manfaat kaldu tulang seperti diambil dari laman Authority Nutrition yang perlu anda ketahui:

1. Mengandung banyak vitamin dan mineral penting
Secara umum, kaldu tulang amat menyehatkan, namun kandung nutriennya tergantung dari bahan apa yang anda gunakan. Sebut saja kalsium, magnesium, potasium, fosfor dan masih banyak lagi.

2. Membantu sistem pencernaan
Mengkonsumsi kaldu tulang dapat membantu sistem pencernaan anda dalam mencerna berbagai jenis makanan dan mengatasi beberapa penyakit masalah pencernaan yang berkaitan dengan organ ini.

3. Membantu melawan inflamasi
Asam amino yang ditemukan pada kaldu tulang, seperti glycine dan arginie, memiliki efek antiinflamasi atau anti radang yang dibutuhkan tubuh. Perlu diketahui, beberapa inflamasi dapat menjurus pada penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes, sindrom metaboli, alzheimer dan masih banyak lagi.

4. Meningkatkan kinerja sendi
Kolagen yang terdapat pada tulang, tendon dan ligamen ketika dimasak, akan membentuk gelatin yang mengandung asam amino yang dibutuhkan persendian anda. Mengkonsumsinya juga membantu anda melawan masalah radang sendi.

5. Membantu turunkan berat badan
Kaldu tulang sangat rendah akan kalori, namun bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, anda dapat mengurangi asupan kalori tanpa harus menderita karena kelaparan.

6. Membantu tidur dan fungsi otak
Tidak hanya melawan inflamasi dan radang sendi, asam amino juga glycine dapat membantu mereka yang mengkonsumsi menjadi relaks dan membantu mereka yang sulit tidur, selain juga mengurangi kantuk disiang hari dan meningkatkan fungsi daya ingat.

(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top