Batasi Asupan Gula Anda untuk 5 Manfaat Ini – FAJAR health
News Update

Batasi Asupan Gula Anda untuk 5 Manfaat Ini

Photo source; Pixabay.com

FAJAR HEALTH – Gula itu jahat! Mengapa tidak, zat yang diciptakan untuk memberikan rasa manis baik pada makanan dan minuman ini adalah salah satu ‘penjahat’ dari beberapa jenis penyakit yang diderita umat manusia.

Meski jahat, terlebih ketika dikonsumsi secara berlebihan, akar permasalahan sebenarnya adalah pada kontrol manusia sebagai yang mengkonsumsinya.

Itu artinya, jahatnya gula tergantung dari bagaimana anda mampu menjauhi rayuannya dan menyadari apa dampak dan bahaya yang disebabkannya.

Lalu manfaat apa yang anda dapatkan ketika anda mampu meninggalkan kebiasaan lama anda? Berikut seperti diambil dari Prevention:

1. Mengurangi resiko diabetes
Mengkonsumsi gula tambahan seperti yang terdapat dalam produk makanan hanya akan menambah deposito lemak pada hati dan akan mengganggu kinerja pankreas yang berfungsi memproduksi insulin. Bayangkan apa yang terjadi jika pankreas anda tidak lagi berfungsi dengan baik.

2. Tubuh jadi lebih sehat
Tanpa gula, artinya anda mengurangi jumlah kalori yang diasup tubuh. Dalam 5 sampai 6 bulan dengan pola hidup seperti itu anda dapat mengurangi setidaknya 5 kg bobot tubuh.

3. Kesehatan jantung terjaga
Menurut James J. DiNicolantonio, PharmD, seorang ahli kardiovaskuler dari St. Luke Mid-Atlantic Heart Institute di Kansas, melewati waktu seminggu tanpa gula mampu mengurangi 10 persen kolesterol LDL dan meningkatkan 20 hingga 30 persen lemak trigliserida. Tekanan darah pun akan mengalir sebagaimana semestinya.

4. Terhindar dari resiko kerusakan otak
Studi UCLA menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mengakibatkan kerusakan pada sel otak dan mempengaruhi daya ingat seseorang.

5. Meredakan masalah jerawat
Minuman bersoda dan minuman yang banyak mengandung gula merupakan salah satu penyebab dari inflamasi sistemik yang memicu tumbuhnya jerawat. Dengan diet gula, yang berarti berhenti meminum soda dan sejenisnya, anda bisa mengucapkan bye bye pada jerawat.

(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top