6 Keuntungan Mengkonsumsi Yogurt Murni – FAJAR health
Healthy Foods

6 Keuntungan Mengkonsumsi Yogurt Murni

Photo source: eatthis.com

FAJAR HEALTH – Yogurt adalah produk berbasis susu yang dibuat dengan menggunakan metode fermentasi memanfaatkan bakteri bernama “yogurt culture,” yang memfermentasi laktosa, gula alami yang ditemukan pada susu.

Proses ini kemudian memproduksi asam laktat, zat yang menyebabkan protein susu menjadi mengental, memberikan rasa dan tekstur yang unik pada yogurt.

Warna yogurt murni sendiri adalah putih dan memiliki tekstur kental dengan rasa yang tajam. Sayangnya, pada yogurt komersil, telah ditambahkan bahan tambahan seperti gula dan perasa buatan. Yogurt jenis ini tidak baik untuk kesehatan.

Di sisi lain, yogurt murni menawarkan begitu banyak manfaat terhadap kesehatan mereka yang mengkonsumsinya. Apa saja manfaatnya, berikut ini seperti diambil dari Authority Nutrition:

1. Kaya akan nutrien penting
Yogurt menawarkan hampir semua nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, seperti kalsium, riboflavin, fosfor, magnesium, potasium, vitamin B12 dan D.

2. Kaya akan protein
Alasan mengapa yogurt itu menyehatkan adalah karena kandung proteinnya yang tinggi. Mendapatkan asupan protein yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Beberapa jenis yogurt sangat baik untuk pencernaan
Beberapa jenis yogurt mengandung bakteri hidup atau probiotik yang dihasilkan dari proses fermentasi. Yogurt jenis ini sangat baik untuk pencernaan anda dan baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Melindung anda dari osteoporosis
Yogurt mengandung nutrien penting seperti kalsium, potasium, fostor dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

6. Menyehatkan jantung
Lemak yogurt adalah salah satu alasan mengapa minuman ini seringkali dianggap kontroversial. Yogurt mengandung lemak jenuh, dengan sedikit asalm lemak tak jenuh tunggal.

Jika dulu lemak jenuh dianggap sebagai penyebab serangan jantung, namun menurut penelitian terbaru kenyataannya tidak demikian. Beberapa penelitian menunjukan bahwa asupan lemak jenuh dari produk susu utuh dapat meningkatkan produksi HDL atau kolesterol baik.

Namun perlu dicatat, produk berbasis susu ini perlu dihindari oleh mereka yang menderita intoleransi laktosa. Mengkonsumsi produk berbasis susu, bagi penderita kondisi ini, dapat menyebabkan masalah pencernaan, sakit perut dan diare.(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top