6 Alasan Mengapa Anda Harus Coba Temulawak mulai dari Sekarang! – FAJAR health
Herbal

6 Alasan Mengapa Anda Harus Coba Temulawak mulai dari Sekarang!

Photo source: chiroeco.com

FAJAR HEALTH – Nama curcumin atau temulawak mungkin tidak asing lagi ditelinga anda. Namun, pernahkah anda tahu manfaat apa yang ditawarkannya pada manusia?

Berikut beberapa manfaat temulawak seperti diambil dari laman Authority Nutrition yang perlu anda ketahui:

1. Melawan inflamasi
Inflamasi atau peradangan sebenarnya adalah salah satu bentuk dari sistem pertahanan tubuh manusia. Namun ketika kronis, hal ini justru menyerang balik tubuh manusia itu sendiri.

Temulawak, ternyata adalah salah satu obat anti radang alami yang diakui memiliki kesetaraan dengan obat anti radang yang beradar di pasaran.

2. Meningkatkan fungsi otak
Konsumsi temulawak tidak hanya untuk anti radang namun juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya ingat dan mencerdaskan otak, selain memperlambat masalah otak yang disebabkan oleh usia.

3. Menurunkan resiko serangan jantung
Salah satu manfaat utama temulawak terhadap jantung adalah dengan meningkatkan fungsi endothelium yang terdapat pada pembuluh darah. Disfungsi endothelium adalah salah satu penyebab dari tingginya angka penderita penyakit jantung.

4. Menurunkan resiko Alzheimer
Alzheimer hingga saat ini belum ditemukan penangkalnya, karena itu, mencegahnya terjadi adalah satu-satunya opsi terbaik yang bisa anda miliki. Temulawak disebut-sebut mampu memperlambat atau mencegah tumbuhnya Alzheimer pada seseorang.

5. Mengatasi radang sendi
Dalam sebuah studi disebutkan bahwa temulawak memiliki kemampuan untuk mengatasi penyakit radang sendi. Bahkan keampuhannya dikatakan setara dengan beberapa obat anti radang yang beredar di pasaran.

6. Meredakan depresi
Menurut studi kecil, temulawak mampu bekerja sebagai antidepresan. Depersi sendiri adalah kondisi dimana menurunnya faktor neurotrophic dan penyusutan hippocampus, area pada otak yang berfungsi untuk mempelajari sesuatu dan daya ingat. Konsumsi temulawak memiliki potensi untuk mengembalikan kondisi yang terdampak depresi.

(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top