5 Langkah Atasi Darah Tinggi Tanpa Obat-obatan – FAJAR health
Tips

5 Langkah Atasi Darah Tinggi Tanpa Obat-obatan

Photo source: newhealthadvisor.com

FAJAR HEALTH – Darah tinggi adalah kondisi kesehatan yang membahayakan jantung manusia yang diderita setidaknya 1 miliar orang di seluruh dunia.

Membiarkannya tanpa kontrol, sama saja meningkatkan resiko anda terkena serangan jantung atau stroke.

Untungnya, penyakit ini dapat di atasi melalui perubahan gaya hidup. Ada beberapa langkah yang bisa anda tempuh untuk menjaganya agar tetap berada diambang normal.

Berikut seperti diambil dari Authority Nutrition:

1. Jalan kaki dan olahraga secara reguler
Olahraga adalah salah satu yang terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi anda. Latihan secara reguler membuat jantung anda lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah dan membantu meredakan tekanan pada pembuluh darah arteri.

2. Kurangi asupan garam
Dewasa ini, asupan warga dunia akan garam mengalami peningkatan, salah satu penyebabnya adalah karena makanan olahan yang bisa ditemui dimana-mana. Beberapa studi telah mengungkapkan kaitan antara konsumsi garam dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

3. Makan makanan kaya akan potasium
Potasium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh. Ia membantu tubuh menyingkirikan sodium dan meredakan tekanan yang terjadi pada pembuluh darah. Makanan yang tinggi potasium adalah seperti sayuran hijau, kentang, melon, pisang, alpukat, jeruk, aprikot, susu, yogurt, tuna, salmon, kacang-kacangan dan beberapa lainnya.

4. Kurangi minum kopi
Bagi beberapa orang, asupan kafein dapat menyebabkan melonjaknya tekanan darah, meski pada kebanyakan orang, peningkatan ini tidak berlangsung lama. Namun ada baiknya memperhatikan kondisi anda, jika anda sensitive terhadap kafein, ada baiknya untuk mengurangi kopi anda.

5. Belajar manajamen stress
Stress salah satu penyebab terjadinya lonjakan pada tekanan darah tinggi anda. Karenanya belajar bagaimana mengatasi stress adalah salah satu kunci dalam mengontrol tekanan darah anda. Dengarkan musik yang bisa membuat anda relaks dan kurangi pekerjaan yang biasanya memicu stress anda.

(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top