Tidak Hanya Vitamin C, Ini 7 Hal yang Ditawarkan Jeruk – FAJAR health
Healthy Foods

Tidak Hanya Vitamin C, Ini 7 Hal yang Ditawarkan Jeruk

Photo source; Authority Nutritions

FAJAR HEALTH – Buah sitrus seperti jeruk Mandarin, nipis, jeruk bali, jeruk manis, lemon dan beberapa lainnya pasti sudah tidak asing bagi anda.

Jenis buah yang kebanyakan disantap dalam bentuk jus atau sebagai perasan tambahan dalam minuman ini sangat kaya akan potensi kesehatan.

Namun kebanyakan orang hanya mengenal buah-buah ini sebagai buah yang identik dengan vitamin C saja. Padahal apa yang ditawarkannya lebih banyak dari pada itu.

Apa saja yang ditawarkan buah sitrus selain vitamin C, berikut seperti diambil dari authority Nutrition:

1. Kaya akan mineral
Selain vitamin C, buah sitrus juga kaya akan mineral seperti potasium, fosfor, magnesium dan tembaga termasuk beberapa senyawa seperti flavonoid, carotenoid dan minyak esensial.

2. Kaya serat
Buah sitrus juga kaya akan serat yang baik untuk menunjang diet anda sekaligus meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

3. Rendah kalori
Jika anda sangat menjaga asupan kalori harian anda, maka buah sitrus adalah salah satu yang perlu anda masukan dalam daftar diet anda.

4. Mengurangi resiko terkena batu ginjal
Batu ginjal adalah batu mineral yang dapat menyebabkan rasa sakit di bagian ginjal juga saluran kencing. Salah satu jenis batu ginjal terbentuk ketika tubuh kekurangan sitrat pada urinenya. Mengkonsumsi buah sitrus membantu anda meningkatkan kadar sitrat dalam tubuh.

5. Melindungsi anda dari kanker
Berdaraskan beberapa studi, konsumsi jeruk manis, lemon, nipis, jeruk Bali dan Mandarin disebut-sebut efektif dalam mengurangi resiko seseorang terkena kanker seperti kanker easofagus, perut, payudara dan pankreas.

6. Melindungi jantung
Menurut studi yang dilakukan di Jepang, orang yang gemar memakan buah sitrus memiiliki resiko yang rendah akan penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikaitkan dengan penurunan tekanan sistolik pada jantung.

7. Melindungi otak
Kandungan flavanoid yang ditawarkan buah sitrus juga diperkirakan baik untuk memperlambat penyakit neurodegenerative seperti alzheimer dan parkinson yang dipicu oleh kerusakan pada sistem saraf.

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top