Jaman Sudah Berubah, Punya Berat Badan Sehat Juga Bisa Kena Prediabetes – FAJAR health
News Update

Jaman Sudah Berubah, Punya Berat Badan Sehat Juga Bisa Kena Prediabetes

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Ini alasan lain bagi anda untuk tidak lagi bermalas-malasan di rumah. Kebiasaan melakukan sedikit aktifitas atau gaya hidup sedentari telah dikaitkan dengan resiko prediabetes, bahkan bagi mereka dengan berat badan ideal.

Menurut para peneliti dari University of Florida, temuan mereka ini dapat menjelaskan mengapa sepertiga dari warga Amerika Serikat dengan postur tubuh langsing dapat menjadi prediabetes, kondisi dimana melonjaknya kadar gula darah namun belum sampai diabetes penuh.

“Kami menemukan bahwa mereka yang merasa memiliki berat badan yang sehat, tidak kegemukan atau obese, tidaklah sehat secara metabolik,” kata kepala peneliti Arch Mainous III seperti dilansir WebMD (27/1/2017).

Dalam studi ini, Mainous dan rekan menganalisa data dari lebih 1000 orang di Inggris, usia 20 tahun atau lebih dengan kriteria berat badan yang sehat dan tidak terdiagnosa diabetes.

Ditemukan bahwa mereka dengan gaya hidup jauh dari kata aktif mengalami kenaikan tingkat gula darah hingga 5,7 atau lebih, cukup untuk masuk dalam kategori prediabetes menurut American Diabetes Association.

Sementara seperempat dari semua orang dengan gaya hidup tidak aktif, mereka yang berada di usia 45 tahun atau lebih masuk dalam kriteria prediabetes atau juga diabetes.

“Kami menemukan bahwa kebiasaan berdiam diri seringkali dianggap remeh ketika kita merasa memiliki berat badan yang sehat,” kata Mainous.

Ia juga menambahkan bahwa skala berat badan anda tidak menjamin anda menjadi orang yang sehat jika anda memiliki kebiasaan sedentari. “Pastikan bahwa anda lebih banyak bergerak,” ajak Mainous.(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top