Alasan Mengapa Berkemah di Alam Terbuka Bisa Bikin Sehat – FAJAR health
News Update

Alasan Mengapa Berkemah di Alam Terbuka Bisa Bikin Sehat

Photo source; pixabay

FAJAR HEALTH – Tahukah anda bahwa melawati malam dengan berkemah memiliki manfaat tersendiri terhadap kesehatan anda?

Menurut para pakar tidur, seperti dilansir MensHealth.com (3/2/2017), berkemah dapat menjadi kunci bagi seseorang untuk mendapatkan tidur yang paling berkualitas, terlebih selama musim yang dingin ini.

Studi yang dirilis pada Curret Biology ini sendiri melibatkan 5 orang aktif untuk mempelajari bagaimana tubuh manusia beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan kaitannya dengan kualitas tidur.

Kelima partisipa ini kemudian diinstruksikan untuk menjalani 6 hari tidur dengan kondisi tidur normal dan 6 hari lainnya berkemah di kawasan pegunungan tanpa akses ponsel, senter dan hanya bertemankan sinar rembulan.

Dari situ ditemukan bahwa ketika berada di kawasan pegunungan, kelima partisipan ini tidur 2,5 jam lebih awal dibanding ketika mereka tidur dalam lingkungan yang normal.

Perlu diketahui bahwa sebelum bola lampu ditemukan oleh Thomas Edison, manusia saat itu memiliki kadar melatonin, hormon yang membuat anda merasa lelah, akan meningkat dengan sendirinya saat matahari tenggelam dan menurun saat fajar menyongsong.

Berbeda dengan mereka yang tidur pada lingkungan normal yang dipenuhi dengan sinar, baik lampu atau paparan cahaya layar perangkat elektronik, cenderung sulit untuk puas dengan tidurnya. Itu disebabkan oleh tubuh mereka yang belum siap untuk terbangun.

Anda punya masalah dengan kualitas tidur anda? Mungkin anda ingin coba solusi ini.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top