Kacang Edamame dan 8 Manfaatnya Terhadap Tubuh – FAJAR health
Healthy Foods

Kacang Edamame dan 8 Manfaatnya Terhadap Tubuh

Photo source: topsante.com

FAJAR HEALTH – Kacang Kedelai adalah salah satu jenis kacang yang paling populer dan memiliki begitu banyak kegunaan.

Kacang kedelai juga banyak diolah menjadi produk lain seperti tahu, tempe, minyak kedelai, miso, dan natto.

Tidak hanya yang sudah matang. Kacang kedelai muda atau kacang edamame juga menawarkan manfaat kesehatan sendiri.

Beda dengan kacang kedelai matang, edamame masih memilki tektur warna hijau sedangkan yang matang terlihat berwarna coklat muda.

Meski masih kontroversial, bagi beberapa orang, konsumsi kacang kedelai terkait dengan beberapa masalah kesehatan, namun edamame menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Berikut seperti diambil dari Authority Nutrition:

1. Kaya protein
Tidak seperti tanaman berprotein lainnya, edamame menawarkan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, meski tidak setinggi protein hewani.

2. Dapat menurunkan kadar kolesterol
Beberapa studi observasi menunjukan bahwa kadar kolesterol yang tinggi memiliki kaitan dengan resiko penyakit jantung. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa mengkonsumsi 47 gram protein kedelai dapat menurunkan keseluruhan kolesterl hingga 9,3 persen dan 12, 9 persen kolesterol jahat.

3. Tidak meningkatkan kadar gula darah
Mereka yang terkena diabetes harus dengan senantiasa mengontrol asupan makanan harian mereka. Edamame disebut sangat cocok bagi mereka penderita diabetes tipe 2, karena mengkonsumsi makanan ini tidak mempengaruhi kadar gula darah diabetesi.

4. Kaya vitamin dan mineral
Edamame sangat kaya akan vitamin, terlebih vitamin K, mineral dan juga serat dan folat.

5. Mengurangi resiko terkena kanker payudara
Kedelai sangat kaya akan isoflavon, disebutkan bahwa isoflavon berkaitan dengan peningkatan jaringan pada payud*ra, berpotensi meningkatkan resiko kanker payud*ra. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi, makan kaya isflavon justu dapat mengurangi resiko jenis kanker ini.

6. Mengurangi gejala menopause
Beberapa studi pernah menyebutkan manfaat asupan kedelai sangat baik dimanfaatkan untuk mengatasi gejala yang disebabkan oleh menopause. Namun sayangnya temuan ini belum didukung dengan bukti yang konsisten.

7. melindungi dari kanker prostat
Kanker prostat adalah jenis kanker paling sering terjadi nomor dua pada laki-laki. Beberapa studi mengindikasikan bahwa asupan edamame tidak hanya baik untuk mengurangi akibat yang disebabkan menopause namun juga kanker prostat.

8. mengurang pengekroposan tulang
Seiring bejalannya usia anda, tulang akan terus mengalami degradasi. Konsumsi isoflavone yang ditawarkan edamame dapat membantu menjaga kesehatan tulang dari proses alamiah tersbut.

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top