5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pengguna Lensa Kontak – FAJAR health
Warning

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pengguna Lensa Kontak

Photo source: Meabh McHugh-Hill / Facebook (kornea mata sobek akibat lensa kontak yang melekat terlalu lama)

FAJAR HEALTH – Contact lense atau lensa kontak telah membantu banyak orang yang memiliki masalah dengan pengelihatan dan membuat semuanya jadi lebih praktis.

Sayang penggunaan lensa kontak seringkali tidak diikuti dengan kedisiplinan. Padahal dampak yang disebabkannya sangatlah fatal bagi si pengguna itu sendiri.

Apa saja kesalahan fatal yang kerap dilakukan pengguna kontak lensa, berikut seperti diambil dari laman Top 10 Home Remedies:

1. Menggunakannya terlalu lama

Menggunakan kontak lensa terlalu lama sangat buruk untuk mata. Hal ini dapat menyebabkan luka permanen bahkan menyebabkan kebutaan. Jangan gunakan terlalu lama dan melepaskannya setidaknya beberapa kali dalam sehari untuk mencegah kerusakan pada kornea mata.

2. Tidur sambil mengenakan lensa kontak

Tidur dalam keadaan masih mengenakan lensta kontak adalah salah satu kesalahan fatal lainnya yang seringkali terjadi. Selain meningkatkan resiko kerusakan kornea, mata pengguna akan mengalami dehidrasi diikuti dengan pandangan buram. Situasi terburuknya adalah kontak lensa berpindah posisi pada bagian belakang mata saat anda tertidur.

3. Menggunakan lensa kontak di air

Baik itu kolam renang, hot tub atau mandi, mengekspos lensa kontak dengan air adalah hal yang tidak seharusnya anda lakukan. Hal ini dapat memicu bakteri dan patogen berbahaya untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Hal ini juga dapat beresiko pada kebutaan.

4. Menggunakan air untuk membersihkan lensa

Membersihkannya dengan air keran adalah hal yang salah. Air keran sangatlah jauh dari kata steril. Membersihkan dengan air keran dapat menyebabkan menempelnya bakteri dan patogen berbahaya pada lensa. Pastikan untuk selalu selalu menggunakan obat tetes mata dan ikuti instruksi dokter.

5 Menggunakannya melebih masa ekspirasi

Tidak hanya makanan dan minuman, kontak lensa juga memiliki masa berlaku. Kontak lensa lama dapat memicu terjadinya pertumbuhan kuman dan residu lainnya. Bukannya menghemat uang, infeksi mata yang terjadi pada anda justru akan membuang uang lebih banyak lagi.

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top