Alasan Mengapa Mandi Air Hangat di Pagi Hari itu Tidak Dianjurkan – FAJAR health
News Update

Alasan Mengapa Mandi Air Hangat di Pagi Hari itu Tidak Dianjurkan

Photo source: sipgreen.org

FAJAR HEALTH – Bangun tidur dan mandi pagi, aktifitas yang dilakukan kebanyakan orang dalam memulai hari-hari sibuknya.

Namun yang mungkin tidak banyak diketahui orang adalah mandi pagi dengan air hangat tidak membantu anda untuk mendapatkan kesegaran yang anda butuhkan untuk melewati hari anda yang panjang.

Dilansir The Bored Mind, mandi dengan air hangat justru sangat disarankan oleh dokter bagi mereka yang memiliki masalah dengan tidur.

Ketika terekspos pada air hangat, maka tubuh akan mengalami penurunan suhu badan, yang kemudian memberikan efek relaks pada tubuh. Kecuali anda ingin tidur lagi, mandi air hangat di pagi hari tidaklah dianjurkan bagi anda.

Ketimbang hanya menggunakan air hangat saja, anda dapat mencoba menggabungkan antara kombinasi air hangat dan air dingin untuk beberapa manfaat kesehatan dan hanya butuh 90 detik untuk melakukannya.

Tipsnya adalah, setelah anda selesai mandi dengan air hangat, basuh tubuh anda dengan air dingin setidaknya untuk 30 detik dan kemudian gunakan lagi air hangat untuk 30 detik berikutnya. Akhiri dengan air dingin selama 30 detik ke depan.

Teknik ini dinamakan contrast hydrotherapy dan sudah ada sejak seribu tahun lalu. Beberapa studi telah menunjukan contrast hidrotherapy dapat bermanfaat untuk mengurangi stress, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membakar lemak dan membantu sirkulasi darah, selain juga sebagai anti depresan.

Ingin ada yang beda dengan hari-hari anda ke depan, coba teknik contrast hidrotherapy ini.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top