Sejarah Mencatat bahwa Asal Buah Kiwi Bukanlah dari Selandia Baru – FAJAR health
News Update

Sejarah Mencatat bahwa Asal Buah Kiwi Bukanlah dari Selandia Baru

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Kiwi, siapa yang tidak tahu buah berukuran mungil asal Selandia Baru yang kesohor ini.

Selain baik untuk mengatasi masalah pernapasan, mencegah pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan mata serta mencegah penuaan dini, kiwi juga disebut efektif dalam menjaga kesehatan tulang belakang.

Itu mungkin fakta yang orang ketahui tentang manfaatnya terhadap kesehatan. Namun fakta sejarah buah yang satu ini mungkin tidak banyak diketahui orang.

Menurut laporan dari The Time, yang dilansir MensHealth, menunjukan bahwa buah kiwi sebenarnya bukanlah berasal dari Selandia Baru, melainkan dari China. Di negeri tirai bambu, buah kiwi ini secara teknis dianggap sebagai gooseberry atau cermai kalau orang Idonesia bilang.

The Time menyebutkan bahwa pada tahun 1904 silam, biji buah yang dagingnya berwana hijau ini dibawa oleh seorang guru Selandia Baru sekembalinya dari China. Biji tersebut kemudian diberikan kepada seorang petani yang kemudian berhasil menanam pohon kiwi pertama pada tahun 1910.

Dan ternyata, buah ini pernah diklaim oleh orang-orang Amerika Serikat dan Inggris sebagai buah hasil kekayaan negeri mereka, namun pada tahun 1959, orang Selandia Baru memenangkan pertarungan itu dan menamainya seperti nama burung kiwi, yang merupakan aset berharga negara yang terletak di selatan pasifik itu.

Pada tahun 1970, permintaan dunia akan buah kiwi pun meroket dan buah cermai itu dijual secara masif dengan label buah kiwi.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top