8 Jenis Penyakit yang Bisa Anda Deteksi Melalui Mata – FAJAR health
Tips

8 Jenis Penyakit yang Bisa Anda Deteksi Melalui Mata

Photo source: the bored mind

FAJAR HEALTH – Tubuh manusia itu luar biasa, ketika ada sesuatu yang salah dengannya, maka tubuh akan memberi sinyal melalui perubahan yang terjadi pada bagian tubuh tertentu.

Namun gagal menyadari sinyal-sinyal ini dampaknya bisa serius lho pembaca Fajar Health. Berikut 8 perubahan pada mata yang menandakan ada hal serius terjadi pada tubuh Anda seperti diambil dari The Bored Mind:

1. Bintil pada mata
Bintil di area mata pastinya akan sangat mengganggu. Jika hanya terjadi dalam beberapa hari, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun tidak hilang setelah 3 bulan lamanya, ini bisa menjadi pertanda dari kanker langka bernama sebaceous gland carcinoma. Bintil yang selalu muncul di tempat yang sama beberapa kali juga jadi gejala kanker ini.

2. Alis rontok
Jika Anda mengalami kerontokan pada alis, ini bisa jadi pertanda serius. Kondisi ini biasanya dipicu oleh penyakit tiroid.

3. Pandangan buram
Jika Anda pengguna komputer, anda mungkin mengalami mata perih atau pandangan buram. Jika buramnya mata anda terjadi setiap kali Anda menatap layar komputer, hal ini menandakan Anda mengalami computer vision syndrome.

4. Kebutaan pada sudut tertentu
Blind spot atau kebutaan pada sudut tertentu ini bukan hal ringan. Jika Anda mengalami blind spot diikuti dengan cahaya berkilau atau garis bergelombang dan sakit kepal, ini disebabkan oleh aura migrain.

5. Mata menonjol
Jika mata Anda terlihat menonjol, ini juga gejala dari penyakit tiroid dimana kelenjar tiroid Anda bekerja secara berlebihan atau dikenal dengan istilah hyperthyroidism.

6. Mata menguning
Kondisi dimana putih mata menjadi menguning ini dikenal dengan istilah jaundice. Seringkali ditemukan pada bayi yang baru lahir dengan fungsi liver yang belum sempurna, kondisi yang juga ditemukan pada dewasa dengan masalah liver dan kandung empedu.

7. Mata buram
Penderita diabetes sangat berpotensi mengalami gangguan mata. Istilah yang digunakan untuk kondisi ini adalah diabetic retinopathy, sebuah kondisi yang dapat berujung dengan kebutaan.

8. Pandangan berbayang atau pengelihatan yang menurun
Jika pandangan anda berbayang, atau pengelihatan berkurang, periksakan diri anda segera. Ini bisa menjadi pertanda awal dari stroke.

(ruf/fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top