Telat Bangun, Gak Sarapan, Jangan Sekali-kali Makan Ini – FAJAR health
Healthy Foods

Telat Bangun, Gak Sarapan, Jangan Sekali-kali Makan Ini

Photo source: spacecoastdaily.com

FAJAR HEALTH – Untuk alasan menghemat waktu atau terburu-buru akibat kesiangan adalah alasan mengapa kita kerap kali melewatkan sarapan.

Padahal seperti sama-sama kita ketahui, sarapan adalah waktu makan yang paling penting untuk memulai hari-hari anda.

Adapula kebiasaan yang biasa dilakukan saat tidak sempat sarapan adalah dengan mengkonsumsi makanan seadanya, padahal yang namanya perut kosong tidak boleh diisi dengan sembarang makanan.

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang harus anda hindari disaat perut kosong seperti diambl dari Healthy Food and Home Remedies:

1. Buah sistrus
Ketika dimakan saat perut kosong, buah sitrus seperti lemon, jeruk dan sejenisnya dapat menyebabkan iritasi pada perut dan esophagus.

2. Tomat
Jangan sesekali mengkonsumsi buah tomat jika perut anda belum terisi. Asam Tannic yang dikandungnya dapat menyebabkan asam lambung.

3. Jajanan kue
Jajanan kue memang terlihat nikma di mata dan di mulut. Namun mengkonsumsi jajanan di saat perut anda kosong hanya akan menyebabkan perut kembung dan menyita kenyamanan anda.

4. Jus
Jika anda pikir mengkonsumsi jus kemasan itu baik saat sarapan, coba pikirkan lagi. Jus kemasan umumnya mengandung banyak gula yang buruk bagi kadar gula darah anda.

5. Soft drink
Konsumsi softdrink saat perut kosong dapat menyebabkan kerusakan pada membran mukus, memperlambat aliran darah dan mengganggu kerja sistem pencernaan.

Ketimbang makanan dan minuman di atas, coba konsumsi beberapa menu darurat di bawah ini:

1. Pepaya
Buah kaya kandungan vitamin E, C dan serat ini bisa anda gunakan untuk mengganti sarapan anda terlewatkan. Selain membantu pencernaan, konsumsi pepaya dapat mengurangi resiko kanker usus besar.

2. Kacang-kacangan
Disaat anda tidak sempat sarapan, tiada yang lebih simpel dari ngemil kacang-kacangan yang baik untuk mengurangi produksi asam dan meregulasi kadar pH alami tubuh.

3. Bluberi
Buah yang satu ini sangat rendah akan kalo dan mengandung nutrien penting. Selain baik untuk meningkatkan daya ingat dan menormalkan tekanan darah, bluberi juga baik untuk mendorong metabilisme tubuh.

(ruf/ fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top