7 Mekanisme Unik Pertahanan Tubuh yang Tidak Pernah Anda Sadari – FAJAR health
News Update

7 Mekanisme Unik Pertahanan Tubuh yang Tidak Pernah Anda Sadari

Photo source piexabay.com

FAJAR HEALTH – Tubuh manusia adalah sesuatu yang penuh dengan misteri dan sangat kompleks untuk bisa dimengerti sepenuhnya.

Salah satunya adalah mekanisme pertahanan diri yang diperuntukan untuk melindungi manusia dari berbagai hal yang sering kali tidak disadari.

Apa saja itu, berikut seperti diambil dari The Bored Mind:

1. Merinding
Jika selama ini merindang dianggap sebagai sesuatu hal yang berkaitan dengan hal mistis, namun kacamata medis berkata lain. Merinding sendiri memiliki fungsi untuk mengeluarkan panas dalam tubuh melalui pori-pori pada kulit saat cuaca atau suhu ruangan yang dingin.

2. Kulit mengeriput
Anda pasti pernah merasakan kulit jemari tangan Anda mengeriput.
Kita tahu bahwa ruas pada sidik jari jari pada tangan berfungsi untuk membantu Anda menggenggam sesuatu. Ketika Anda terekspos pada air dalam waktu yang lama, tubuh Anda akan mengubah teksur jari menjadi menjadi keriput agar membantu Anda menggenggap sesuatu yang licin akibat terkena air atau cairan lain.

3. Hilang ingatan
Hilangnya ingatan seringkali terjadi pada mereka yang mengalami pengalaman yang mengerikan.Akibat dipicu hal itu, otak bisa dengan langsung menghapus memori ini dari dalam databasenya.

4. Bersin
Ketika Anda bersin, ini adalah cara tubuh dalam menyingkirkan alergen, mikroba, debu atau iritan yang menumpuk di dalam saluran pernapasan.

5. Air mata
Selain melindungi membran mukus dari objek asing, air mata juga bermanfaat sebagai pertahanan emosional.

6. Menguap
Anda mungkin pernah bertanya mengapa manusia menguap di saat kelelahan atau mengantuk. Fungsinya ternyata adalah untuk mendinginkan otak lelah.
The main purpose of yawning is to cool down the brain after it’s been overheated or overloaded.

7. Kesetrum saat tertidur
Anda mungkin pernah mengalami seolah tersetrum saat Anda sudah mulai pulas tertidur dan kemudian terbangun. Hal ini terjadi ketika terjadi penurunan napas dan detak jantung yang dianggap otak sebagai hal yang membahayakan nyawa. Sebab itu, otak akan memberikan sinyal (sensasi kesetrum) untuk membangunkan Anda.

(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita kesehatan ter-update lainnya ***

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top