7 Manfaat Istimewa Konsumsi Asinan Kol Jerman – FAJAR health
Healthy Foods

7 Manfaat Istimewa Konsumsi Asinan Kol Jerman

Photo source: theprairiehomestead.com

FAJAR HEALTH – Sauerkraut atau kol asam adalah potongan kol yang difermentasikan menggunakan beberapa jenis bakteri asam laktat seperti Leuconostoc, Pediococcus dan Lactobacillus.

Seperti halnya beberapa jenis makanan fermentasi lainnya, kol asam juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang luas. Apa saja itu, berikut seperti diambil dari The Bored Mind:

1. Menjaga pencernaan

Kaya akan serat membuat makanan ini sebagai pilihan terbaik untuk menjaga agar pencernaan Anda selalu dalam kondisi terbaiknya. Konsumsi sauerkraut juga dapat menghindarkan anda dari konstipasi, perut kembung, keram perut hingga kanker usus besar.

2. Mendorong produksi energi

Konsumsi kol fermentasi ini sangat baik untuk mendorong produksi energi, pembakaran lemak dan sirkulasi darah. Kadar zat besi yang di tawarkan sauerkraut juga mampu menghindarkan Anda dari mudah lelah, sakit kepala dan mencegah anemia.

3. Mendorong daya tahan tubuh

Memiliki daya tahan tubuh yang lemah dapat mengekspos Anda terhadap serangan penyakit yang sebabkan kuman dan bakteri. Konsumsi Sauerkraut yang tinggi akan kandungan vitamin C ini adalah yang Anda butuhkan untuk hari-hari bebas flu.

4. Menguatkan tulang

Sauerkraut juga menawarkan kadar vitamin K yang tinggi. Vitamin ini berguna untuk mendorong produksi protein yang bertanggungjawab meregulasi mineralisasi tulang. Alhasil, tulang Anda akan lebih kuat dan terhindar dari osteoporosis.

5. Mencegah kanker

Beberapa studi telah menunjukan bahwa sauerkraut mengandung antioksidan yang berfungsi membunuh radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

6. Menjaga jantung

Kandung serat yang dimiliki sauerkraut jugs diklaim efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Serat melindung tubuh Anda dari penyakit kardiovaskuler dengan mencegah efek negatif yang disebabkan kolesterol terhadap pembuluh darah.

7. Menyehatkan kulit dan pengelihatan

Belum cukup beberapa manfaat di atas, sauerkraut juga menawarkan vitamin A yang esensial untuk indera pengelihatan Anda. Selain baik untuk mata, vitamin ini juga berkhasiat mengurangi keriput, kulit kemerahan serta menurunkan resiko katarak dan degenerasi makular.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top