Bahaya Energy Drink bagi Penderita Darah Tinggi dan Masalah Jantung – FAJAR health
Warning

Bahaya Energy Drink bagi Penderita Darah Tinggi dan Masalah Jantung

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Energy drink atau minuman berenergi memang dapat memberikan tenaga ekstra disaat Anda dilanda kelelahan atau disaat Anda mengantuk. Namun bukan tanpa efek samping.

Riset American Heart Association (AHA), yang dilansir MensHealth.com (26/4/2017), menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi energy drink tidak hanya dapat menyebabkan gangguan pada sistem elektrikal jantung tapi juga pada tekanan darah. Kandungan kafein diduga bertanggungjawab atas hal ini.

Riset yang melibatkan 18 partisipan usia muda yang dibagi menjadi dua grup ini, mereka yang minum energi drink dan mereka yang mengkonsumsi minuman berkafein non energy drink, ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi energy drink memiliki interval QT yang lebih cepat dibandingkan grup lainnya.

Ketika inveral ini terlalu panjang atau terlalu pendek, maka akan menyebabkan detak jantung yang tidak normal. Jika bicara tekanan darah, mereka yang mengkonsumsi energy drink juga membutuhkan waktu yang lebih untuk menurunkan tekanan sistolik (tekanan darah saat kontraksi otot jantung).

Dari sini, peneliti AHA berkesimpulan bahwa ada bahan lain yang menyebabkan mengapa energy drink memberikan dampak berbeda dengan jenis minuman berkafein non energy drink seperti air jeruk nipis dan sirup ceri.

Meski membutuhkan riset yang lebih mendalam, para peneliti mengingatkan bagi mereka yang menderita darah tinggi dan masalah jantung, untuk berhati-hati terhadap asupan energy drink-nya.(ruf)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top