3 Bahaya Penggunakan Cotton Buds pada Anak, Nomor 2 Mengerikan – FAJAR health
Mom & Kids

3 Bahaya Penggunakan Cotton Buds pada Anak, Nomor 2 Mengerikan

Photo source: wouldbemothers.com

FAJAR HEALTH – Lebih dari 12 ribu anak setiap tahunnya harus dilarikan ke rumah sakit akibat cidera yang disebabkan oleh penggunaan cotton buds.

Demikian studi dari Nationwide Children’s Hospital di Amerika seperti dilansir laman Daily Mail (8/5/2017).

Menurut studi tersebut, akibat kesalahan menggunakan cotton buds, setidaknya terdapat 263 ribu kasus serupa dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Cedera dan gangguan yang disebabkan oleh penggunaan cotton buds sendiri sangat beragam dan di antaranya cukup mengerikan.

Adapun beberapa dampak mengerikan yang disebabkan oleh penggunaan cotton buds seperti diungkap konsultan THT Dr. Simon Baer dari Spire Sussex Hospital yang wajib Anda ketahui:

1. Sensasi benda asing
Kondisi ini menyebabkan penderitanya merasa ada sesuatu yang mengganjal di telinganya.

2. Cedera jaringan telinga
Meski langka terjadi, cedera pada jaringan telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran atau merusak tulah kecil di dalam telinga yang menyebabkan terganggunya keseimbangan tubuh.

3. Luka pada gendang telinga
Salah satu kesalahan mengerikan yang bisa terjadi saat membersihkan telinga adalah gendang telinga yang mengalami luka ditandai dengan lubang.

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan untuk membersihkan telinga? Menurut Dr. Baer, yang harusnya Anda lakukan adalah membiarkannya begitu saja, karena telinga mempunya kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.

Namun, ia menambahkan, bagi mereka yang memiliki masalah dengan produksi earwax (kotoran telinga) yang berlebih, maka perawatan ahli sangat dibutuhkan.(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top