3 Penyebab Kulit Gatal yang Wajib Diwaspadai, Nomor 2 Amit-amit! – FAJAR health
News Update

3 Penyebab Kulit Gatal yang Wajib Diwaspadai, Nomor 2 Amit-amit!

Photo source: ocd-bayarea.com

FAJAR HEALTH – Pernahkah Anda merasa gatal pada kulit setiap malam hari menjelang?

Hal ini umumnya dipicu oleh kondisi kulit bernama xerosis atau kondisi kulit yang mengering dan bisa tangani dengan mudah hanya dengan mengoleskan pelembab kulit pada area yang terdampak.

Namun jika kondisi Anda diikuti dengan ruam pada kulit, radang atau bersisik, maka segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Berikut ini beberapa kondisi kulit gatal yang perlu diwaspadai yang diambil dari laman Live Strong:

1. Dermatitis contact
Dermatitis contact biasanya terjadi akibat kontak dengan lotion, sabun, bahan kimia, tumbuhan atau bahkan perhiasaan tertentu. Selain menyebabkan kulit gatal, kondisi ini juga menyebabkan benjolan dan korengan. Hal ini biasanya disebabkan oleh alergi dadakan. Jadi meski sebelumnya produk-produk di atas sudah seringkali digunakan, namun alergi ini merubah hidup penderitanya.

2. Penyakit sistemik
Sekitar 50 persen orang dewasa mengalami gatal di malam hari yang disebabkan oleh kondisi seperti Hodgkin’s lymphoma atau kanker pada kelenjar getah bening. Menurut salah satu artikel American Family Physician yang dibuat oleh Dr. Scott Moses tahun 2003 silam, 30 persen penderita kanker kelenjar getah bening dilaporkan mengalami kondisi gatal kronis. Selain itu, 25 persen penderita gagal ginjal juga dilaporkan mengalami kondisi serupa.

3. Gigitan kutu busuk
Kutu busuk atau bangsat adalah serangga yang hidup dari mengkonsumsi darah manusia. Mereka sangat pintar bersembunyi di tempat-tempat yang menjadi favorit Anda. Mereka bahkan ada di tempat yang secara kasat mata terlihat bersih sekalipun. Menurut Harvard School of Public Health, bekas gigitan yang ditinggalkan oleh kutu busuk memiliki kemiripan dengan bekas gigitan nyamuk.

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top