6 Alasan Mengapa Tempe Disebut Superfood Indonesia – FAJAR health
Healthy Foods

6 Alasan Mengapa Tempe Disebut Superfood Indonesia

Tempe dalam balutan salad | Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Tempe adalah salah satu makanan khas bangsa Indonesia. Sejak Anda kecil pastinya sudah seringkali mendengar ucapan orang tentang betapa menyehatkannya konsumsi tempe.

Namun pernahkah Anda tahu secara pasti kebaikan apa yang ditawarkani konsumsi tempe yang masuk dalam kategori superfood itu?

Penjelasan dari Authority Nutrition di bawah ini mungkin dapat memuaskan rasa ingin tahu Anda:

1. Tempa kaya nutrien
Meski harganya murah, namun kandungan nutrien yang ditawarkannya tiada banding. Selain kaya protein, vitamin dan mineral, tempe terkenal rendah kalori dan karbohidrat.

2. Menawarkan probiotik
Tempe dibuat menggunakan proses fermentasi yang melibatkan bakteri dan ragi. Makanan hasil fermentasi adalah sumber probiotik yang baik. Mengkonsumsinya dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

3. Kaya protein
Tempe sangat kaya akan protein. Dari 166 gram protein setidaknya terdapat 31 gram protein. Beberapa studi telah menunjukan bahwa konsumsi protein sangat baik dalam menunjang diet dan membantu meningkatkan proses pembakaran lemak.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Kandung isoflafon yang ditawarkan kedelai, bahan dasar tempe, menurut hasil beberapa studi, mampu membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol.

5. Menurunkan stress oksidatif
Isoflafon pada kedelai juga disebutkan berkhasiat menurunkan stress oksidatif yang bertanggungjawab atas beberapa masalah kesehatan. Sifat antioksidan yang dimilikinya mampu menetralisir radikan bebas yang merupakan sumber dari banyak penyakit pada manusia.

6. Menyehatkan tulang
Selain 5 manfaat di atas, konsumsi tempe juga baik untuk membantu menjaga agar tulang selalu dalam kondisi yang prima. Kalsium yang dikandung tempe dapat mencegah osteoporosis yang umumnya terjadi sejalan bertambahnya usia.

(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

loading...

Most Popular

To Top