4 Manfaat Makan Menggunakan Tangan – FAJAR health
News Update

4 Manfaat Makan Menggunakan Tangan

photo source: 1.bp.blogspot.com

FAJAR HEALTH – Makan menggunakan tangan bisa dibilang salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh nenek moyang kita sejak dahulu kala.

Namun bagi sebagian kultur lain di dunia, makan langsung dengan menggunakan tangan bisa dianggap sebagai hal yang kurang sopan.

Kendati terdapat perbedaan kultur yang ada pada masing-masing negara di dunia, namun manfaat kesehatan yang didapatkan dari makan tanpa menggunakan sendok dan garpu tidak dapat dipungkiri oleh siapapun.

Berikut ini manfaat makan menggunakan tangan seperti diambil dari Top 10 Home Remedies yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya:

1. Sensor alami
Makan menggunakan tangan membantu Anda mengenali suhu makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari memasukan makanan yang terlalu panas dan menyebabkan indera perasa Anda terluka.

2. Menyehatkan pencernaan
Tangan kita adalah tempat di mana bakteri baik dan jahat berkembang biak. Perlu diketahui, bakteri baik dapat melindungi Anda mikroba perusak di sekitar Anda. Jika makan menggunakan sendok dan garpu, maka bakteri baik ini tidak akan pernah mencapai sistem pencernaan Anda.

3. Mengurangi resiko diabetes tipe 2
Menurut studi yang dirilis oleh European Society of Endocrinology tahun 2012 lalu, mereka yang mengkonsumsi makanannya 2,5 kali lebih berpotensi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan secara perlahan. Mereka yang makan menggunakan sendok dan garpu cenderung makan lebih cepat dibandingkan mereka yang makan dengan tangan.

4. Tangan Anda mungkin lebih bersih dari perangkat makan
Jika ada yang berpikir bahwa sendok dan garpu lebih streril dibandingkan tangan Anda, itu gak sepenuhnya benar. Mengapa? Karena Anda tidak pernah tahu seberapa bersih perangkat makan yang Anda gunakan dan bagaimana proses pencuciannya. Mereka yang makan dengan tangan lebih dapat mengontrol kebersihan tangannya.

(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top