Manfaat Puasa Ramadan dan Dampak Buruknya – FAJAR health
News Update

Manfaat Puasa Ramadan dan Dampak Buruknya

photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Ramadan adalah satu bulan dimana umat muslim di dunia diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Tidak hanya mengajari umat muslim untuk menjadi pribadi yang penyabar, pemaaaf, penyantun dan dispilin, puasa juga menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Berikut beberapa manfaat berpuasa seperti diambil dari Livestrong.com:

1. Menurunkan kolesterol
Bulan puasa Ramadan adalah waktu dimana kadar lemak Anda mengalami penurunan karena berkuranganya asupan makanan harian Anda. Hal ini tentunya sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

2. Menurunkan tekanan darah
Menghabiskan waktu tanpa asupan makanan selama berpuasa juga sangat baik untuk mengurangi tekanan darah, khususnya mereka yang menderita hipertensi. Selama berpuasa, maka jumlah garam yang diasup otomatis berkurang.

3. Menurunkan kadar gula darah
Menurut artikel Dr. Razeen Mahroof dalam sebuah artike Arab News di tahun 2010 lalu, pada orang yang berpuasa, tubuhnya akan menggunakan cadangan glukosa sebagai sumber energinya. Mereka yang kadar gulanya tinggi, namun bukan diabetesi, akan sangat diuntungkan dalam hal ini. Namun bagi diabetesi, konsultasi dengan dokter sangat dianjurkan.

4. Menurunkan berat badan
Meski tidak harus selalu ditandai dengan penurunan berat badan, namun mereka yang mengalami memiliki berat badan berlebih akan dapat merasakan manfaat berpuasa selama sebulan penuh.

Perlu diketahui, meski tubuh orang berpuasa dipaksa untuk bertahan tanpa makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam, di beberapa negara lain lebih dari itu, namun puasa sejatinya tidak merugikan mereka yang menjalankannya. Hal tersebut dibuktikan melalui review pada Nutrition Journal yang dirilis beberapa tahun silam.(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

loading...

Most Popular

To Top