Otak yang Kurang Tidur akan ‘Memangsa’ Dirinya Sendiri – FAJAR health
News Update

Otak yang Kurang Tidur akan ‘Memangsa’ Dirinya Sendiri

FAJAR HEALTH – Menurut studi terbaru, otak dapat memakan dirinya sendiri jika ia kekurangan tidur. Hal tersebut diungkap para peneliti usai menemukan adanya sel yang terlihat lebih aktif pada tikus lab yang kekurangan aktifitas tidur.

Sel bernama astrosit itu, bekerja layaknya mini hoover di dalam otak, membersihkan sel-sel ketika koneksinya dengan otak semakin melemah dan rusak.

Kendati demikian, menurut penelitian dari Marche Polytechnic University di Italia itu, proses tersebut sebenarnya bukanlah hal yang buruk, melainkan sebaliknya.

“Sinapses kita tak ubahnya seperti furnitur yang tua. Karena itu, perlu juga untuk ‘dibersihkan’,”kata author Michele Bellesi kepada New Scientist belum lama ini.

Namun ia menambahkan, pada otak yang kekurangan tidur, ditemukan adanya tanda-tanda aktifitas otak yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer dan beberapa bentuk gangguan neurodegenerasi lainnya.

Studi itu juga menemukan bahwa tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya juga berkaitan dengan resiko kematian pada mereka yang menderita sindrom metabolik, yang merupakan kombinasi antara diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas.(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top