8 Alasan Mengapa Kepala Anda Sakit Setiap Kali Bangun Pagi – FAJAR health
News Update

8 Alasan Mengapa Kepala Anda Sakit Setiap Kali Bangun Pagi

FAJAR HEALTH – Bangun tidur seharusnya menjadi saat dimana tubuh dan pikiran Anda kembali segar dan jernih.

Namun bagaimana jika yang Anda rasakan justru adalah sakit kepala yang bisa merusak hari Anda, bahkan sebelum Anda sempat memulainya? Pastinya menjengkelkan bukan.

Berikut beberapa hal yang bertanggungjawab atas apa yang Anda alami seperti diambil dari MensHealth.com:

1. Anda kekurangan tidur
Tubuh membutuhkan 7 hingga 8 jam waktu tidur untuk dapat kembali berfungsi secara normal. Ketika Anda kekurangan tidur, kata Salvatore Napoli, M.D., dari New England Center of Neurology, maka tubuh akan menganggapnya sebagai hal yang salah dan mengaktifkan ‘mode panik.’ Inilah yang menyebabkan Anda sakit kepala.

2. Anda kebanyakan tidur
Jika kekurangan tidur membuat Anda pusing, maka jika banyak, seharusnya aman dong? Well, itu pemikiran yang salah. Tidur lebih dari 9 jam di malam hari menurut Dr. Napoli, dapat menyebabkan penurunan kadar hormon serotonin pada otak. Kekurangan serotonin dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otak dan memicu sakit kepala.

3. Anda kekurangan endorfin
Di pagi hari, produksi hormon endorfin, hormon yang membuat Anda merasa senang, berada pada tingatan terendahnya. Bagi beberapa orang, hal ini dapat memicu migraine.

4. Anda mendengkur semalam
Mendengkur atau ngorok bisa jadi pertanda dari apnea tidur dan memicu Anda tersedak, kekurangan udara, bahkan berhenti bernapas dalam beberapa saat saat tertidur. Kekurangan oksigen bisa menjadi salah satu penyebab mengapa Anda mengalami sakit kepala saat di pagi harinya.

5. Anda belum ngopi
Cafein yang terdapat pada kopi dapat menstimulasi sistem sarat Anda. Dengan meminum kopi, pembuluh darah dalam otak akan mengalami pelebaran. Jika Anda terlambat minum kopi, atau minum kopi di luar dari kebiasaan Anda, maka sakit kepala itu bisa saja datang merusak pagi Indah Anda.

6. Anda depresi
Depresi dapat mempengaruhi produksi dari hormon serotonin, Anda sudah bisa menebak bukan apa yang terjadi ketika tubuh.

7. Anda penderita darah tinggi
Penderita darah tinggi atau mereka yang memiliki tekanan darah 140/90, akan merasa sakit kepala yang khas yang disebabkan oleh tekanan darah yang terjadi di dalam kepala.

8. Anda habis minum-minum semalam
Kalau yang satu ini sepertinya tidak memerlukan penjelasan lagi.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top