5 Dampak Buruk Kelebihan Protein, Sudah Tahu? – FAJAR health
Warning

5 Dampak Buruk Kelebihan Protein, Sudah Tahu?

Photo source: dx2training.iea

FAJAR HEALTH – Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa diet dengan mengkonsumsi protein yang tinggi sangat efektif untuk mengurangi berat badan yang tidak diinginkan.

Mereka yang menjalani diet ini biasanya akan meningkatkan makanan dengan kandungan tinggi akan protein seperti dada ayam, putih telur, ikan tuna, ikan kering dan udang.

Namun tahukah Anda bahwa pada tubuh yang kelebihan protein bukan manfaat yang didapatkan melainkan sebaliknya?

Berikut dampak kelebihan protein seperti diambil dari Life Hack yang perlu Anda ketahui:

1. Masalah ginjal
Terlalu banyak protein dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih berat dari biasanya. Bekerja diluar kapasitasnya dapat menyebabkan ginjal menegang.

2. Dehidrasi
Ketika tubuh kelebihan protein, ginjal akan memproduksi lebih banyak nitrogen urea darah. Sebagai gantinya tubuh Anda akan menggunakan lebih banyak air yang terdapat dalam tubuh untuk membersihkan ginjal dari zat berbahaya. Dehidrasi adalah efek sampingnya.

3. Kekurangan kalsium
Disaat Anda jumlah protein bertambah, ada yang hilang dari tulang Anda yakni kalsium. Jika Anda tidak mendampingi konsumsi protein dengan kalsium, maka tubuh akan mencari kalsium dan mengambilnya dari tulang. Kalsium sendiri berfungsi untuk membantu tubuh mencerna zat asam dilepas setiap kali Anda mengkonsumsi protein.

4. Gangguan jantung
Protein yang bersumber dari hewani mengandung begitu banyak lemak jenuh yang disebut-sebut memiliki kaitan dengan penyebab penyakit kardiovaskuler.

5. Asam urat
Konsumsi protein hewani juga disebut dapat meningkatkan resiko Anda terkena asam urat. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan purin yang terdapat di dalamnya.

(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top