5 Jenis Makanan Pencegah Kanker Serviks – FAJAR health
Healthy Foods

5 Jenis Makanan Pencegah Kanker Serviks

Photo source: pixabay.com

Berdasarkan data dari WHO, kanker serviks adalah kanker nomor empat yang menjadi penyebab kematian pada wanita, khususnya di negara-negara berkembang.

Selain akibat kebiasaan merokok, menggunakan pil KB dalam waktu lama, kanker ini juga dipicu oleh human papillomavirus atau HPV yang menyebar melalui kontak s*ksual.

Untungnya, menurut American Cancer Society, resiko ini dapat diperkecil dengan 5 jenis buah dan sayuran yang dikonsumsi harian.

Berikut ini 5 jenis buah dan sayuran yang mampu melindungi Anda dari resiko kanker serviks seperti diambil dari Life Hack:

1. Wortel
Tidak hanya menyehatkan mata, kandungan betakarotin dan karotinoid yang ditawarkan wortel berkhasiat menyerap karsinogen (penyebab kanker) dari sel tubuh.

2. Green tea
Antioksidan yang ditawarkan green tea, dalam hal ini polifenol, dapat mencegah penyebaran dan multifikasi sel kanker.

3. Kacang-kacangan
Selain kaya serat dan protein yang efektif dalam mencegah kerusakan pada sel tubuh, fitokimia yang ditawarkan kacang-kacangan disebut-sebut mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegahnya berubah menjadi kanker.

4. Selada
Selain baik untuk membantu diet Anda, sayuran berwanra hijau yang mengandung flavanoid ini dianggap sebagai sumber nutrien yang mampu memberikan perlindung terhadap kanker.

5. Gandum utuh
Gandum utuh juga sangat esensial bagi pencegahan kanker. Vitamin B6 yang dimilikinya berfungsi untuk meregulasi sistem kekebalan tubuh, menjaga metabolisme sel darah merah dan meningkatkan kesehatan sistem saraf. Pastikan produk gandum yang Anda konsumsi mengandung 100 persen gandum utuh.

(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top