Ditabrak Mobil Dua Kali Hingga Tewas, Tetap Tidak Ada Warga yang Menolong, Ternyata Begini – FAJAR health
Unik

Ditabrak Mobil Dua Kali Hingga Tewas, Tetap Tidak Ada Warga yang Menolong, Ternyata Begini

FAJAR HEALTH – Sebuah kecelakaan mengerikan di sebuah perempatan di Zhumadian, Provinsi Henan, China, berakhir tragis.

Rekaman CCTV yang beredar di Weibo, situs mikroblogging milik China, menunjukan seorang wanita yang terkulai tak berdaya setelah dirinya tertabrak kendaraan sedan yang melintas dengan kecepatan tinggi.

Uniknya, tak satupun pengendara atau pejalan kaki yang menyaksikan kejadian itu terlihat menghampirinya untuk memberikan pertolongan, hingga pada akhirnya kendaraan kedua, sebuah SUV, melindasnya dan mengantarnya menemui ajal.

Beberapa teori pun bermunculan dari netizen. Ada yang mengatakan bahwa para masyarakat di China sudah terlatih untuk tidak menolong orang asing yang membutuhkan pertolongan.

Hal ini ternyata ada kaitannya dengan kasus scam atau penipuan yang sebelumnya pernah terjadi pada mereka yang berusaha menjadi sosok penolong.

Menurut laman Shanghaiist, fenomena scam bernama “pengci” ini memiliki modus nekat, yakni dengan sengaja menjadi korban tabrak dengan berharap mendapatkan ganti rugi dari calon korban.

Selain pengci, hukum yang lemah terhadap orang baik (mereka yang memberikan pertolongan) juga menjadi alasan mengapa orang enggan bertindak, lantaran takut dituduh sebagai pelaku yang berusaha menutupi kesalahannya dengan menolong korban, seperti sebuah kasus yang terjadi pada tahun 2006 silam.(ruf/fajar)

Sumber: Shanghaiist

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top