Gara-gara Konstipasi, Kotoran Seberat 13 Kilo Menumpuk di Usus Pria Ini – FAJAR health
News Update

Gara-gara Konstipasi, Kotoran Seberat 13 Kilo Menumpuk di Usus Pria Ini

photo source: shangaiist.com

FAJAR HEALTH – Para dokter di Shanghai berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria dari siksaan sakit perut yang terhebat yang mungkin pernah di alami manusia.

Penyebab dari rasa sakit luar biasa itu, menurut laman Shanghaiists.com, tidak lain adalah dikarenakan penumpukan feses (kotoran) seberat 13 kilogram yang terjadi pada usus “mega” sang pasien.

Pria bernama Zhou Hai, 22 tahun, yang mendatangi RS Tenth People’s Hospital di Shangai pada Kamis minggu lalu, mengeluhkan perutnya yang terlihat kembung layaknya wanita hamil. Menurut, dokter yang menanganinya, Zhou Hai juga menunjukan keluhan seperti kesulitan bernapas dan hanya bisa mengeluhkan rasa sakitnya.

 Photo source: shangaiist.com

Tak lama, dokter pun mendiagnosanya mengalami “megacolon,” sebuah kondisi dimana usus besar penderitanya pembesaran dan mencegahnya untuk melakukan buang air besar.

Para dokter yang terlibat kemudian menyadari bahwa Zhou telah mengalami konstipasi semenjak dirinya dilahirkan dan selama itu pula hidup dengan mengandalkan laksatif dan enema untuk masalahnya tersebut.

Setidaknya butuh 3 jam bagi para dokter sebelum akhirnya berhasil mengeluarkan usus besar sepanjang 76 sentimeter yang bertanggungjawab atas kondisi pria malang tersebut.

Belakangan, Zhou juga didiagnosa mengalami kondisi cacat lahir bernama penyakit Hirschprung yang menyebabkan hilangnya sel saraf pada usus besar yang mencegah organ tersebut berkontraksi secara normal dan menyebabkan penyumbatan.(ruf/fajar)

loading...

Most Popular

To Top